Sunday, May 12, 2013

Djarum Indonesia Open,Konduktor Kader Prestatif Bulutangkis Indonesia!


Bulutangkis seakan-akan menjelma jadi bagian dari bangsa Indonesia. Cabang olahraga yang sering dikenal dengan sebutan badminton ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Betapa tidak, harapan prestasi gemilang di kancah internasional sangat terbuka lebar untuk Indonesia di perhelatan cabang olahraga ini. Jika ditilik dari sejarah, sejatinya bulutangkis bukanlah olahraga asli pribumi Indonesia. Banyak persepsi yang muncul bahwa ada kemungkinan bulutangkis berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa bulutangkis berasal dari India dan bahkan disebutkan dari Cina. Satu pendapat lagi menyebutkan bahwa nenek moyang bulutangkis diperkirakan berawal dari sebuah permainan Tionghoa “Jianzi” yang menggunakan kok tetapi tanpa menggunakan raket. Misi dari permainan ini adalah menjaga kok agar tidak menyentuh tanah tanpa menggunakan tangan. 
raket dan kok adalah komponen utama dalam olahraga badminton
img src: http://asal-usul07.blogspot.com 


Bulutangkis yang bersifat kompetitif sejatinya baru diciptakan abad ke-19 M oleh petugas tentara Britania di daerah Pune, India. Oleh karena itu pada awalnya permainan ini dikenal dengan nama Poona yang diambil dari nama daerah pune. Selepas bertugas di Pune, para tentara kembali ke Inggris dengan membawa permainan ini di tahun 1850-an. Olahraga ini mendapatkan namanya seperti yang sekarang pada tahun 1860 dalam sebuah pamflet dari Isaac Spratt yang berjudul “Badminton Battledore-a new game”. Isaac menuliskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Peraturan permainan badmonton yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Organisasi Badminton Internasional atau International Badminton Federeration (IBF) didirikam pada tahun 1934 mencatatkan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis sebagai anggota pelopornya. Bulutangkis menjadi olahraga Olimpiade Barcelona tahun 1992 yang mengantarkan Indonesia dan Korea sebagai peraih dua medali emas. Inilah catatat goresan prestasi Indonesia yang sangat memuaskan.
Organisasi bulutangkis resmi di Indonesia sendiri baru terbentuk pada 5 Mei 1951 di Bandung, Jawa Barat. Pergerakan menuju terbentuknya Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dimotori oleh Soedirman dan kawan-kawan setelah terbentuknya Persatuan Olah Raga Republik Indonesia (PORI). Pada tahun tersebut juga diadakan konggres PBSI pertama yang menghasilkan struktur kepengurusan dengan ketua umumnya A. Rochdi Partaatmadja.
Lambang dari PBSI 
img src: http://sport.detik.com 

Dalam perjalanannya, bulutangkis Indonesia menyimpan banyak kisah yang indah untuk dikenang. Sepuluh tahun selepas berdirinya PBSI, bulutangkis Indonesia mengalami era yang penuh prestatif. Tepatnya antara tahun 1960-an hingga 1970-an dapat dikatakan era kedigdayaan bulutangkis Indonesia. Era ini memunculkan legenda besar yakni Rudy Hartono Kurniawan. Namanya tercatat di Guinness Book of World Records sebagai pemegang rekor All-England. Pria yang lebih akrab dengan nama Rudy Hartono ini menjuarai 8 kali di All England dan t diantaranya direbut secara berturut-turut belum bisa terpecahkan oleh siapapun. Sementara itu tim ganda putra Indonesia, Tjuntjun/Johan Wahjudi merebut juara ganda outra selama 6 kali. Prestasi tersebut serupa dengan rekor yang dicetak oleh Fin Kobbero/Poul Erik Nielsen dari Denmark. 

Rudy Hartono, pemegang rekor All-England dan 

tercatat di Guinness Book of World Records
img src: http://loversbulutangki.blogspot.com


Di tahun 1980-an, munculah kekuatan baru dari China yang mulai memberikan saingan. Di kejuaraan All- England Indonesia hanya menjadi juara di tahun 1981, yakni Liem Swie King. Sisanya didominasi oleh perwakilan Denmark dan China. Begitupun diajang Thomas dan Uber Cup. Awal tahun 1990-an, Indonesia mulai bangkit bak bangunnya macan tidur. Tim Indonesia meraih juara di piala Thomas 5 kali berturut-turut yakni di tahun 1994, 1996, 2000, dan 2002. Di kejuaraan All-England, Indonesia juara tiga kali yakni Ardi Wiranata (1991) dan Haryanto Arbi (1993 dan 1994). Sedangkan di piala Uber, Indonesia menang dua kali pada tahun 1994 dan 1996.
Fluktuatif. Yah, kata serapan itulah yang mungkin cocok untuk menggambarkan kondisi Bulutangkis Indonesia di awal tahu 2000-an. Macan Asia ini seakan lemah lunglai kekurangan amunisi dalam perhelatan bulutangkis. Sejak tahun 2004 hingga 2012, Indonesia belum pernah lagi meraih juara Thomas dan Uber dan All England pun tjuga belum pernah diraih lagi. Di tahun 2012, Indonesia bahkan tidak masuk semi-final setelah ditumbangkan oleh Jepang diajang Thomas Cup. Catatan tersebut sekaligus memunculkan rekor baru yakni pertama kalinya Indonesia tidak masuk semi final di ajang bergengsi tersebut.


ilustrasi menurunnya prestasi bulutangkis Indonesia 

img src: http://www.ceritamu.com/cerita/ada
-apa-dengan-bulutangkis-indonesia

Masyarakat pada umumnya bertanya-tanya, sejatinya apa penyebab kemunduran ini? Lalu, siapakah yang harus bertanggungjawab? Ya, memang tidak salah mencari-cari tahu penyebab suatu permasalahan dengan catatan selepas diketahui akar permasalahannya seketika itu pula dicarikan solusi tepat. Cuap-cuap insidental muncul yang menyebutkan ada beberapa faktor penyebabnya seperti masalah sistem kepengurusan, fasilitas dan regenerasi.
Solusi yang sekiranya tepat dan mantab yaitu menyiapkan generasi-generasi unggul Indonesia di bidang bulutangkis. Dengan terus terciptanya generasi handal baru, kedepannya Indonesia tak akan kekurangan amunisi dalam mempertahankan tahta bulutangkis dunia.
Salah satu bagian dari kekuatan industri Indonesia yang patut diacungi jempol adalah PT. Djarum. Melalui Djarum Foundation yang berpegang teguh pada filosopi “Lahir dari Dalam dan Berkembang Bersama Lingkungan”, PT Djarum telah melakukan berbagai program dan kegiatan yang membawa kebermanfaatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

PT. Djarum merupakan kekuatan industri yang 
berdedikasi tinggi guna kemajuan bulutangkis Indonesia 
img src: http://copasloker.blogspot.com 

Perhatian khusus juga diberikan PT. Djarum dalam perkembangan olahraga nasional melalui Bakti Olahraga Djarum Foubdation. Di bidang bulutungakis, PT. Djarum mendirikan PB Djarum pada 1969. Para atlet PB Djarum turut memberikan prestasi dengan merebut trofi bergengsi dunia seperti Olimpiade, All England, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, Thomas dan Uber. Kini dedikasi tersebut berlanjut pada pemberian Djarum Beasiswa Bulutangkis yang memberikan fasilitas bagi atlet muda berprestasi guna meningkatkan kembali prestasi Indonesia di kancah bulutakis dunia.
Dalam rangka memberikan kesempatan anak bangsa dalam menorehkan prestasi, PT. Djarum mendukung penuh jalannya Indonesia Open. Awalnya, kompetisi ini digagas oleh PBSI dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1982. Kejuaraan ini terus bergulir hingga pada tahun 2007, Indonesia Open masuk kedalam jajaran Super Series yang notabene hanya terselenggara oleh 12 negara saja di dunia.

Djarum Indonesia Open 2012 adalah kompetisi bulutangkis terbaik 
pada tahun 2012 
img src: http://rajakarcis.com

Di tahun 2012 kemarin, BWF bahkan menyatakan bahwa Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 adalah yang terbaik pada tahun tersebut. Even yang berhadiah total 650 ribu dolar AS ini berhasil memadukan pertunjukan olahraga terbaik dengan hiburan. Even lainnya yang sudah digelar pada 2012 adalah Korea Open Super Series Premier, Malaysia Super Series Premier, All England Super Series Premier, dan India Super Series. Namun tetap, ditahun 2012 yang terbaik adalah DIO Super Series Premier. Purnama Juni mendatang, perhelatan perang raket dalam tajuk Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013 akan kembali menggelegar cetar membahanakn bumi pertiwi. Kompetisi ini akan dihelat di Jakarta. Even yang merebutkan total hadiah 700 ribu dolar AS ini dapat dipastikan akan diramaikan pesohor bultangkis dunia. Begitupun dengan Indonesia, target menang penuh di kandang adalah harga mati guna membuka lebar senyum sang bumi pertiwi. Salah satu perwakilan Indonesia yaitu Taufik Hidayat. Ya, pemain bintang Indonesia yang telah berencana menutup karier bulutangkisnya pada DIO Super Series Primier 2013 nanti. Semoga harapan menang di kandang pertengahan juni nanti dapat terwujud dan tentunya menambah catatan prestasi Indonesia. 
Dalam perhelatan DIO, terdapat beberapa pihak yang sangat membantu sekaligus menyokong kelancaran kompetisi tersebut. Salah satunya yaitu blibli.com. Situs ini merupakan situs jual beli yang serba ada, mudah dan aman untuk digunakan. Segala kebutuhan yang diperlukan dalam keseharian tersedia dan tergambar jelas oleh blibli.com. Termasuk pula alat-alat bulutangkis seperti raketkok , dan jersey. Tentu saja, semua ini hanya bertujuan untuk mempermudah sekaligus memuaskan konsumen.  

blibli.com adalah situs penjualan online
yang lengkap, mudah dan berkualitas
img src: www.bibli.com 

Inilah suatu bentuk dedikasi dan bakti yang luar biasa dari berbagai pihak untuk kemajuan prestasi bulutangkis Indonesia. Harapannya sinergitas kuat ini terus berlanjut dan bertambah kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga pada akhirnya, macan asia yang sempat tertidur ini bangkit lagi dan meraung merontokkan taring lawan. Bravo Bulutangkis Indonesia!

Dukung badminton sebagai kebanggan bangsa!


Referensi:

Dijual Uang Klasik

Dijual cepat dan Murah! 

Uang Klasik/Kuno: 


500.000 Turkiye Tahun 1970 

RP 100 Tahun 1984
RP 1000 Tahun 1987 

Untuk Harga Hubungin 085722835221.

Stock Terbatas gan! 

500.000 Turkiye 1970 Tampak Depan

500.000 Turkiye 1970 Tampak Belakang

RP 100 Tahun 1984 Tampak Belakang

RP 100 Tahun 1984 Tampak Depan 

RP 1000 Tahun 1987 Tampak Depan 

RP 1000 Tahun 1987 Tampak Belakang 

Sunday, May 5, 2013

GREENTECH DAIHATSU FOR GREENLIFE INDONESIA!



Bumi merupakan wahana utama manusia dalam mengembangbiakkan kehidupanya. Segala yang dibutuhkan manusia, selalu ada di bumi. Mulai dari kebutuhan pokok, sekunder, sampai dalam upaya perkembangan teknologi pun bumi selalu menyediakan semua bahan bakunya. Secara fisik, bumi merupakan sebuah bulatan besar yang berputar dengan pusat massanya adalah garis vertikal antara kutub utara dan kutub selatan. Pergerakan bumi tak terasakan oleh manusia dikarenakan angular momentum yang dimiliki bumi sangat konstan. Beberapa faktor inilah yang menyebabkan bumi menjadi planet yang dihuni segala rupa makhluk hidup, salah satunya manusia.
Seiiring berjalannya waktu serta penuaan usia, bumi menyimpan beribu kisah yang penuh warna bak pelangi yang menghiasi angkasa. Positif dan negatif merupakan dua sisi yang seakan satu kesatuan tak dapat terpisahkan. Kisah yang sangat membantu sekaligus mempermudah kehidupan manusia adalah perkembangan teknologi. Kata “teknologi” seolah-olah menjelma menjadi makanan pokok bagi manusia di era sekarang. Betapa tidak, serangkaian aktivitas manusia mulai sedari bangun tidur sampai tidur kembali pun tidak lepas dari yang namanya “teknologi”. Perkembangan teknologi tidak dapat dihindari dalam segala bentuk kehidupan manusia, mengingat perkembangan teknologi sangat erat dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap rekayasa ataupun penemuan baru memberikan manfaat positif dalam keberlangsungan hidup manusia. Semisal di bidang teknologi informasi, manusia sekarang dapat berkomunikasi secara leluasa tanpa adanya hambatan ruang dan batas teritorial. Manusia dapat membentuk koloni di sosial media tanpa harus bertemu satu sama lainnya. Selain itu manusia sekarang dapat berpindah-pindah tempat dengan cepat dan tepat.


Namun tidak dapat dipungkiri, beberapa dampak negatif perkembangan teknologi juga seakan-akan menjelma hantu super menakutkan bagi kehidupan manusia. Hampir semua jenis dari perkembangan teknologi memberikan dampak negatif apabila tidak dikelola baik dan benar. Salah satu yang paling urgen untuk disoroti dan dicarikan solusi tepat di Indonesia saat ini adalah permasalahan transportasi yang didominasi oleh kendaraan bermotor. Sdebagai sampelnya adalah kendaraan roda empat (mobil). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan kuantitas kendaraan roda cukup signifikan. Pada awal tahun 2000, jumlah kendaraan roda empat di Indonesia hanya 3,038 juta unit. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2005 menjadi 5,076 juta unit dan pada tahun 2010, jumlah mobil di Indonesia menembus angka 8,89 juta unit. Jumlah ini adalah jumlah yang sangat fantatis. Segala bentuk kendaraan bermotor pasti mengeluarkan emisi yang berdampak pada meningkatnya polusi udara. The Utilization of Catalytic Conveter and Unleaded Gasoline fo vehicle mengungkap bahwa 70% gas beracun yang terdapat di udara berasal dari kendaraan bermotor. Kondisi ini terjadi terutama di kota besar. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor akan meningkatkan pula pemakaian bahan bakar fosil yang akan berisiko terjadi penambahan gas beracun seperti CO, HC, SO2 .Tentu saja, semua gas beracun yang dihasilkan kendaraan bermotor ini akan akan berdampak besar bagi degradasi kesehatan manusia. Semisal, gas Karbon Monoksida dapat menyebabkan rasa sakit pada mata, gangguan saluran pernapasan dan paru-paru.
"Kendaraan roda empat pada umumnya menghasilkan emisi gas buat yang beracun
seperti CO2, HC, SO2" 
Ilustrasi , by penulis 
"Emisi gas buang kendaraan bermotor mengakibatkan
 beberapa gangguan pada organ tubuh manusia" 
img src: http://www.kamase.org/?p=416

Permasalahan dampak negatif dari kemajuan teknologi bidang transportasi tak hanya dinikmati saja, melainkan perlu solusi aplikatif yang tepat dan akurat. Khususnya dalam upaya penanggulangan pencemaran udara akibat kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu penanggulangan secara non-teknis dan penanggulangan secara teknis. Penanggulangan secara non-teknis merupakan peran pemerintah dalam pembuatan peraturan perundang-undangan yang dapat merencanakan, mengatur dan mengawasi segala macam bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pencemaran udara. Sedangkan penanggulangan secara teknis merupakan langkah yang harus diambil oleh dunia industri dalam rangka menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan, namun tetap tidak menghilangkan nilai fungsionalitas produk.
Secara umum, penanggulangan non-teknis yang dilakukan pemerintah sudah baik. Langkah selanjutnya tinggal bagaimana strategi pengimplemtasiannya. Di sisi lain, dalam upaya penanggulangan teknis pecemaran udara, sektor industri dituntut untuk terus melakukan inovasi guna terciptanya produk baru yang lebih ramah lingkungan. Evolusi dunia teknologi ang mengarah pada kearifan lingkungan ini sering dikenal dengan istilah “Teknologi Hijau” atau “Greentech”.
Teknologi hijau merupakan sebuah upaya dalam rangka menjaga kelestarian dan keberlanjutan (sustainabilitas) kehidupan bumi. Teknologi hijau juga merupaka upaya pemenuhan kebutuhan manusia secara berkelanjutan di masa depan tanpa bersifat parasit terhadap lingkungan maupun sumber daya manusia itu sendiri. Teknologi hijau merupakan aplikasi ilmu sains untuk memelihara sumber daya alam dan mengelola dampak negatif akibat aktivitas manusia. Penerapan teknologi hijau dapat mengurangi penggunaan energi sehingga secara otomatis menurunkan kadar gas beracun yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Sehingga pada akhirnya, dengan adanya teknologi hijau dapat dipastikan pembangunan dan perkembangan teknologi berisfat lestari dan insani.
"Teknologi Hijau merupakan suatu penerapan  yang ramah teknologi lingkungan"  
img src: http://legendpower.com

Indonesia merupakan negara dengan potensi pasar kendaraan bermotor yang luar biasa prospek. Merk dagang kendaraan bermotor dari beberapa belahan negara seakan-akan bertaburan di jalanan bak laron di kala musim penghujan. Ya sekali lagi itu semua karena Indonesia mempunyai potensi pasar yang dahsyat dan cetar membahana. Namun sayang, diantara merk-merk dagang kendaraan bermotor di Indonesia, tidak semuanya rescpect akan isu teknologi hijau  Ada yang apatis dan oportunis, yang didahulukan adalah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.
Salah satu merk dagang kendaraan bermotor saat ini yang patut diacungi jempol berkat dedikasinya dalam inovasi teknologi hijau yaitu Daihatsu Indonesia. Sebagai perusahaan otomatif yang telah berkiprah selama 105 tahun, Daihatsu telah mengambangkan berbagai teknologi berkualitas termasuk teknologi ramah lingkungan. 


DAIHATSU, produsen otomatif yang terus berinovasi dalam pengembangan Teknologi Hijau  

Akhir-akhir ini Daihatsu kembali meluncurkan pedoman model teknologi ramah lingkungan yang ke depannya akan diterapkan pada produk-produk Daihatsu. Pedoman model tersebut terdiri dari tiga model, diantaranya:  
1.       Teknologi Eco-Idle
Teknologi Eco-Idle mampu mengatur dan mematika mesin secara otomatis. Dalam keadaan macet, mesin akan mati secara otomatis sehingga dapat menghemat bahan bakar. Di sisi lain sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan mengurangi pengeluaran karbondioksida.
img src: http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau


2.  2-Cylinder Turbocharged Direct Injection
Penggunaan mesin dua silnder dengan teknologi active ignition system yang mampu menghemat bahan bakar mencapai 30%. Walaupun cc lumayan kecil, namun peforma dan kenyamanan berkendara tetap terjaga dengan teknologi  turbo yang digunakan.
img src: http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau

3. Daihatsu akan menggunakan sumber energi baru melalui penggunaan bahan bakar cair Hidrazin Hidrat, yaitu pencampuran air dan hidrogen. Campuran ini memiliki daya energi yang tinggi dan sama sekali tidak menghasilkan CO2. Selain itu, bahan campuran tersebut juga memerlukan biaya yang lebih sedikit serta mempunyai jarak tempuh lebih jauh dibandingkan teknologi  fuel ceel lainnya.  


img src: http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau 

Secara umum, tiga model tersebut dapat digarisbawahi bahwa kedepannya Daihatsu beritikad tinggi untuk menciptakan sebuah produk yang berpeforma, nyaman digunakan, hemat biaya dan tentunya sangat ramah lingkungan. Salah satu pembuktiannya adalah  Teknologi Eco-Idle yang diprakarsai Daihatsu tidak mengeluarkan gas karbondioksida. Kondisi baik ini tentu saja sangat mengurangi kuantitas emisi gas buang kendaraan roda empat sehingga secara otomatis akan tetap menjaga keseimbangan kelestarian alam. 
"Teknologi Hijau yang dihadirkan Daihatsu tidak 
menghasilkan gas CO2" 
Ilustrasi by penulis 

Tiga model inilah yang nantinya akan menjadi patokan Daihatsu dalam mengembangkan industri kendaraan roda empat di dunia, khususnya di Indonesia. Dengan penerapan model ini, diharapkan mampu menciptakan pola hidup yang lebih sehat, alami, bermartabat guna tercapainya tujuan agung yaitu Indonesia Hijau dan tentunya Indonesia kembali menyandang predikat sebagai paru-paru dunia. Semoga! 


Wednesday, May 1, 2013

LAURASIA CENTER



LAURASIA CENTER
Pusat Bimbingan Belajar dan Les Privat Berbasis Blended Learning 
Jalan Abdul Hamid No. 82, Cidadap, Hegar Manah Bandung
Bandung, Jawa Barat 
HP: 085722835221 (Agus) 

Melayani Bimbingan Belajar Les Privat Intensif
SD: Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Program Intensif UAS, Program Intensif UN.
SMP : Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Semua Mata Pelajaran, Program Intensif UAS, Program Intensif UN.
SMA : Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Sejara, Geografi, Ekonomi, Bahasa Inggris, Matematika + IPA, Matematika + IPS, Program Intensif UAS, Program Intensif UN.
Keterampilan : Baca Tulis Al-Qur’an, Alat Musik, Photoshop, Corel Draw, Ms. Office, Photography, Adobe Flash, Web Programing, Dasar-Dasar Robotica. 

Secarik Kenangan di Negeri Jiran

Maret menyimpan arti sendiri untuk saya. Yah, segala panjat syukur ku haturkan atas Rahmat Allah SWT yang telah memunculkanku melalui rahim sang Ibu tengah-tengah bulan maret. Tepat, maret 2013 merupakan umur ini tua setua ayam mengekerami telurnya dalam skala hari. Tentunya kedewasaan dan persiapan menuju masa tua sudah dituntut atau dalam kata lain mau gak mau harus mau.