Senin, 20 Mei 2013

Pelan-Pelan, Mau ada UAS!


  
Hy kawan, kabarnya ni ye?. Mantab jos gandos kan, apalagi bentar lagi bagi ente pade yang kuliah kan mau minggu tenang dan pastinyo libur dech dua minggu. So pasti dech seru bangetz. Eitzhs, tapi ingat yaw jangan sampai terlalu lebay terbawa arus hedonisme minggu tenang(beuh berat banget bahasa masram nih). Hehehe Kan habis liburan nih kita semua akan menghadapi grand final semester genap, yakz bukan sulap bukan sihir UAS itu namanya. Ujian satu kali ini bisa dikatakan titik pamungkas kita di medan pertempuran semester genap ini. Betapa tidak, ini adalah kesempatan terakhir untuk kita memperbaiki nilai agar IP (yang katenye indikator kuat keberhasilan belajar tuh) semakin terdongkrak bagus bray. Tidak bisa diumpetin, bahwa bagi mayoritas mahasiswa sekarang, UAS menjadi suatu peristiwa (atau bahasa komentator bola tuh momok) yang membuat riweuh atau istilah lainnya grusa-grusu (masih gak ngerti, bikin apa yah susah untuk diungkapkan hehehe). Udah pasti dapet ditebak penyebabnya, kebanyakan kite sekarang menerapkan pola belajar klasik Sistem Kebut Semalam ngetrend dengan nama SKS, duh aduh secara gitu loh 2013 gini pola kayak gituh masa diemban, gak musim kalie. (ada yang ngeyel, musim kali juga Masram, kwkwkwk). 



Hehehe. Padahal gue sendiri masih ngiblat SKS juga bray. #lho-lho curcol malahan pis.
Okelah, agar semuanya enak dan nyaman waktu ngehadepin yang namanya UAS. Nih masram berbagi tips dari College Cures, Rabu (30/5/2012), (hasil searching juga di internet Bray) tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Mulai dengan satu mata kuliah

Ketimbang duduk di sudut kamar, menangis, dan membuat daftar yang harus kamu lakukan untuk tiap mata kuliah, lakukanlah hal itu satu per satu. 

Cek kembali silabus kuliahmu dan lihat bab mana saja yang sudah dibahas di kelas, tugas yang sudah dikerjakan, dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengejar ketinggalan pelajaranmu di kelas. Kemudian, kumpulkan materi kuliahmu, termasuk tugas, kuis, dan ujian yang sudah kamu lalui. Lalu, mulailah merinci materi-materi tersebut; apa yang sudah diujikan, dan materi apa yang akan keluar dalam UAS-mu.

Ketika kamu sudah mengetahui perkiraan materi yang akan diujikan, maka kamu akan bisa membuat rencana studi terkait materi tersebut. Kamu bisa juga mencari tahu apakah dosenmu akan menggunakan pertanyaan-pertanyaan dari kuis-kuis sebelumnya atau mengujikan materi yang disampaikan di kelas sebagai bahan ujian. 

Kumpulkan materi kuliahmu 

Jika ketinggalan pelajaran selama satu minggu, kamu bisa meminta materi tersebut kepada dosenmu. Atau, jika kamu meminjam catatan kuliah teman sekelasmu, pastikan kamu mengembalikannya jauh hari sebelum UAS dan tidak membebaninya.

Sebaliknya, jika ada teman yang meminjam materi pelajaran darimu, pastikan mereka mengembalikannya tepat waktu.

Buat jadwal belajar dan konsistenlah 

Jika kamu tipe pelajar teratur, tetapi tidak pernah mengikuti jadwalmu, maka ini saatnya kamu mematuhi rencana belajar yang telah kamu buat. 

Jangan sampai perhatianmu teralihkan dengan berbagai pesta atau rencana konser musisi top dunia yang sekarang sedang marak. Ingat saja, jika kamu belajar sekarang, kamu akan bisa santai setelah ujianmu berakhir. Kamu tidak akan tertekan dengan hasil ujian hanya karena merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

Ulangi langkah pertama 

Sekarang, setelah siap menghadapi UAS untuk satu mata kuliah, kamu bisa bersiap untuk mata kuliah lainnya. Lakukanlah langkah-langkah di atas untuk tiap mata kuliah yang kamu ambil.

Dengan merinci persiapan UAS untuk tiap mata kuliah ke dalam langkah-langkah kecil dan "memaksa" diri untuk teratur, kita akan menghadapi ujian dengan lebih mudah. Nah, gimana sekarang?. Udah siap UAS, Oke sobat good luck! Semoga berhasil menghadapi UAS. Masram do’ain dech, tapi jangan lupa do’akan juga Masram yah. #maksa sedikit. Hehehe
Amin.


Ref : http://kampus.okezone.com/read/2012/05/30/373/638314/yuk-bersiap-hadapi-uas

0 Komentar:

Posting Komentar