Monday, July 16, 2012

Pengen Adik Hebat?


Pengen Adik Hebat?

Mempunyai adik umumnya adalah dambaan kita semua. Betapa tidak, ketika kita kesepian si Adik bias jadi teman bergurau dan bercanda. Namun, kadang-kadang juga ada sich sisi yang nyebelin. Walaupun bagaimanapun pasti kita mau dong adik kita hebat?. Mau tau caranya gimana?.
Ni dia ada sedikit trik buat kamu-kamu seorang kakak yang baik???.
      1.   Kembangkan rasa ingi tau si Adik
Pendidikan yang sukses karena selalu dibarengi rasa ingin tau peserta didik yang mendalam. Untuk itu, doronglah dia supaya mempelajari hal-hal yang baru dan pancing agar dia menjadi penasaran terhadap suatu benda/permasalahan dan biarkan sejenak agar dia mencoba mencari solusi sendiri tentang permasalahannya. Namun, ketika dia salah tafsir sesegera mungkin kamu ingatkan dan pahamkanlah dia.
       2.  Budayakanlah si Adik untuk membaca
Membaca adalah cakrawala pengetahuan dan dapat meningkatkan kognitif anak. Untuk itu giringlah dia untuk membaca. Memang tidak mudah, mualailah dari hal yang ia suka. Misalnya, memberikannya hadiah sebuah buku atau mengajk jalan-jalan ke perpustakaan.
       3.  Bangun Kepercayaan Dirinya
Percaya diri adalah modal penting dalam membangun kepribadian anak. Aspek afektif juga tidak lepas dari kepercayaan diri anak. Untuk membangunnya perlu strategi khusus. Salah satu caranya ajaklah dia ke kegiatan-kegiatan yang bersifat interaktif dengan lingkungan, contohnya kegiatan social dan olahraga.

Beberapa hal lain yang membuat Adik semakin hebat tentunya adalah kasih saying dari kakak tercinta. Jangan lupa, bimbinglah Adik dengan norma-norma agama dan budi pekerti juga.
Selamat mencoba!

No comments:
Write Komentar