Istanbul, UPI
Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UKM LEPPIM UPI) mengirimkan
delegasi dalam konferensi internasional yang dilaksanakan di Istanbul,
Turki 29 s.d 30 Mei 2013. Kegiatan yang diberi nama 4th Global Islamic Marketing Conference ini dihadiri 200 delegasi dari 40 negara. Setelah melalui proses seleksi double blind review,
UKM LEPPIM diwakili oleh Linoharsih Khaerunnisa, mahasiswa Program
Studi Akuntansi FPEB, satu-satunya perwakilan UPI yang menghadiri
kegiatan tersebut.
Adapun beberapa kampus dari Indonesia yang turut berpartisipasi
antara lain Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung,
Universitas Kristen Maranatha dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Yogyakarta. Total delegasi Indonesia adalah 25 orang. Selebihnya
merupakan delegasi dari berbagai negara seperti Malaysia, Mesir, Arab
Saudi, Algeria, Nigeria, Pakistan, Kuwait, Australia, dan lain-lain.
Untuk memudahkan komunikasi, paper presenter dapat memilih untuk melakukan presentasi menggunakan bahasa Arab atau Bahasa Inggris. 
Peserta Konfrensi
Konferensi yang bertempat di Best Western Plus The President Hotel
ini merupakan koferensi keempat yang dilaksanakan oleh International
Islamic Marketing Association (IIMA), setelah sebelumnya dilaksanakan di
Dubai, Abu Dhabi, dan Cairo. Adapun konferensi kelima tahun 2014 akan
dilaksanakan di Malaysia. Dengan mengusung tema Visionary Marketers Building A Better World, kegiatan ini juga menyelenggarakan Mini MBA yang membahas berbagai masalah dalam Islamic marketing seperti Halal Business (Koen De Praetere Managing Direktor, Halal Balancing); Islamic Marketing & Branding (Dr.Yunus Ali, Monash University, Malaysia); Nutrition for Muslims (Daniel Davey, Senior Performance Nutritionist, Leinster Rugby Club); Islamic Innovation (Ronald Doherty, Director Strategy & Communications, IIMA, Ireland); Islamic Hospitality (Dr. Farooq Haq, Canadian University, UAE); Marketing of Islamic Financial Product (Dr.Elias Boukrami, The Regent’s Centre for Transnational Studies, UK); Social Media (Dr. Muhammad Ibahrine, American University in Sharjah, UAE); dan Corporate Social Responsibility (Dr.Paul Koku, Florida Atlantic University, USA).
Setelah presentasi berlangsung, peserta melakukan field trip
mengunjungi tempat tempat wisata dan bersejarah di Istanbul. Sebagai
kota yang terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa, Istanbul memiliki
berbagai tempat menarik untuk dikunjungi seperti Sultanahmet Camii (Blue
Mosque), Aya Sophia, Topkapi Palace, Grand Bazar, selat Bosporus dan
lain-lain. Seluruh peserta diajak menapaki jejak kejayaan islam,
menjelajahi kota yang merupakan museum hidup saksi penaklukan
Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al-Fatih, bekas-bekas benteng yang
kokoh menjadi pemandangan yang menambah keindahan kota ini.
Ucapan terimakasih disampaikan kepada
semua pihak yang turut membantu baik secara moril maupun materil dalam
kegiatan ini. Kepada orang tua, pihak universitas, keluarga besar UKM
LEPPIM UPI, Rekan-rekan PPSDMS-NF (Program Pemberdayaan Sumber Daya
Manusia Strategis-Nurul Fikri) Regional 2-Bandung, Konsulat Jendral
Republik Indonesia di Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)
Turki, Keluarga Besar Program Pesantren Mahasiswa Daarut Tauhiid
Bandung, serta pihak lain yang turut mendukung. Semoga ini menjadi
langkah awal bagi kita semua untuk terus menorehkan prestasi di tingkat
internasional. (LK)
Sumber : http://berita.upi.edu/2013/08/18/ukm-leppim-wakili-upi-dalam-ajang-4th-global-islamic-marketing-conference-di-turki-2/
No comments:
Write Komentar