Sunday, September 16, 2012

Tips Memulai Belajar Dengan Nyaman


Belajar, satu kata yang ada segelintir orang ilfil ketika mendengarnya. Sekadar mendengar aja udah kayak gitu, apalagi melakukannya. Tapi, belajar sangat urgent di hidup kita. Bagaikan dompet tebal tanpa ada uang atau kartu ATM di dalamnya, gak ada yang ngelirik bro. Jadi, mau gak mau kalau kita ingin jadi manusia yang seutuhnya wajib hukumnya untuk terus belajar.
Semua aktivitas terasuk belajar sudah lazim diawalinya oleh keinginan untuk memulainya. Tanpa keinginan pasti akan berbuah no action talk  only. Memang, memulai suatu hal baru itu tidak mudah. Ada gaya friksi yang melawan gerak kita ke arah perubahan. Untuk mengalahkan gaya friksi tersebut sudah pasti kita harus memperbesar gaya utama dengan cara memperbesar masa(kapasitas diri) dan mempercepat tindakan/tdak mendunda-nunda pekerjaan. Hehehe kayak hukum Newton ya, F = m. a
Khususnya untuk memulai belajar, ada beberapa tips ni bro/sis. Apa tu??? Cekidot . . .
1.      Selalu Bersyukur
Bersyukur dapat mempertebal keinginan kita untuk menggunakan segala fasilitas yang diberikan Allah SWT. Akan timbul rasa bersalah jika kita meninabobokkan kemampuan itu. So, intinya selalu bersyukur maka selalu bersemangat!
2.      Senyum 2 – 2 – 7
Senyum merupakan energi positif yang berdampak luar biasa untuk menggerakkan jiwa kita. Sederhanannya, dengan senyum wajah akan tersa cerah dan sumringah. Kecerahan wajah ini akan mengalir ke seluruh tubuh dan membangkitkan motivasi untuk move on.
3.      Matikan Alat Komunikasi
Belajr itu perlu konsentrasi bro, jadi diamkanlah sejenaklah segala sesuatu yang mengganggu termasuk alat komunikasi.
4.      Sertakan hati dan hadirkan 100%
Hadir yang dimaksud adalah bukan hanya jiwa kita ajah yang hadir di kelas, tapi seluruh jiwa, ruh dan pikiran hadir serta konsentrasi terhadap apa yang kita pelajari.
5.      Serius Tapi Santai
Intermezzo dech boleh ajah, asal tau penempatannya. Jangan dikit – dikit bercanda dan bercanda. Belajar memerlukan keseriusan juga untuk dapat memahaminya. Seriusnya juga jangan terlalu kaku bro, serius tapi santai dan fleksubel. Insya Allah belajar akan terasa lebih nyaman dan mengasyikkan…
Selamat mencoba !!!
                                                                                                Ref: Kuliah Kang Andri Gun – Gun

No comments:
Write Komentar