Kamis, 30 Juni 2016

Banjarnegara, Sangat "Ayu" untuk Berwisata


Pernah kah kalian mendengar "Banjarnegara"? Pastilah dengar, hampir di setiap kota nih ada yang namanya “Dawet Ayu Banjarnegara”. Maknyuuus!!! Kalau di Bandung ada namanya Dawet Elizabeth, Banjarnegara juga punya andalan dalam dunia perdawetan yaitu Dawet Ayu. Citarasa dawet yang satu ini memang tidak ada duanya. Tampilannya juga sangat ayu dan seolah-olah merayu-rayu kita semua untuk menyeruputnya. Apalagi di minum siang hari dan ditemani dia yang ayu juga. Sensasinya nambah pol banget lah pokoknya.

Es Dawet Ayu Banjarnegara 

Anyway, boleh saja pernah menyeruput dawet ayu nya, tapi kayaknya akan lebih afdhol jika kita sekali-kali caba mengunjungi Banjarnegara. Taukah kalian Banjarnegara itu letaknya di mana? Zaman sekarang seakan-akan dunia di genggaman kita, tinggal searching saja di Pak Dhe google map maka kita akan tahu di mata itu Banjarnegara. Rasanya bagai sayur tanpa garam kalau kita hanya sekadar tahu saja tidak membekas saudara-saudara sekalian. Hambar lah. Ono kadal dicakar Elang, Tak Kenal maka Tak Sayang. Cakep. So mari lebih kenal dengan Banjarnegara. 

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. Eh mimin juga asli Jawa Tengah, dan sekarang nih Pak Gubernur nya punya slogan “Jateng Gayeng”. Slogan ini adalah Branding resmi yang bermakna penuh semangat, berani, tangguh, jujur, ramah, menggerimakan, harmonis, dan hangat. Mudah-mudahan slogan ini berdampak positif untuk Jawa Tengah ke depannya. Aamiin. Eh maap agak belok sedikit hehehe, suka baper kalau ingat daerah asal. 
Letak Kabupaten Banjarnegara 

Menurut sejarah, R. Tumenggung Dipayudha IV diusulkan oleh Pakubuwono VII menjadi Bupati Banjar pada tanggal 22 Agustus 1831. Hal ini dikarenakan jasanya dalam Perang Diponegoro. Waktu itu ibukota kabupaten berada di Banjarmangu. Meluapnya Sungai Serayu dinilai sebagai kendala yang menyulitkan transportasi dengan ibukota Kasunanan Surakarta, sehingga ibukota kabupaten akhirnya dipindahkan ke lokasi yang baru di sebelah selatan sungai, dengan nama Banjarnegara yang arti katanya Banjar: sawah; Negara: kota. Tumenggung Dipayudha menjabat sebagai bupati hingga tahun 1846. Nah begitulah kurang lebih sejarah dari berdirinya Kabupaten Banjarnegara. 

Terletak di tengah-tengah Provinsi Jawa Tengah, Banjarnegara mudah banget untuk diakses dari luar kota. Paling gampang adalah untuk kalian yang bergelar bismania. Banyak banget angkutan bis antarkota yang melewati Banjarnegara misal Wonosobo-Banjarnegara-Bandung, Wonosobo-Banjarnegara Banyumas serta Banjarnegara-Jakarta. Ada juga alternatif lain yaitu menggunakan jasa angkutan travel yg antara lain dilayani misalnya Jakarta-Purwokerto-Banjarnegara-Wonosobo; Purwokerto-Banjarnegara-Yogya; dan Purwokerto Banjarnegara-Semarang-Surabaya. Ehmm bahkan ada juga lho jalur KA Purwokerto-Banjarnegara yang terbagi dalam tiga petak jalur yang pernah ada (trace), yakni Purwokerto-Sokaraja, Sokaraja-Klampok, dan Klampok-Banjarnegara. 

Bagaimana sudah lebih mengenal Banjarnegara kan? Biar tambah greget, sekarang mari kita kenali daerah-daerah wisata Banjarnegara. Wah ini dia yang kita tunggu-tunggu. Biar hidup bahagia makan perbanyaklah piknik. Banjarnegara menawarkan banyak pesona indah untuk kita kunjungi. Yuk kita list yuk satu persatu. Kalau perlu lebih baik simpan fotonya, kemudian print, dan tempel di kamar trus dikasih tulisan tahun ini saya harus ke Banjarnegara. Mantab kan?

1. Komplek Candi Dieng

Komplek Candi Arjuna, Banjar Negara 

Candi Dieng adalah kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng. Lho kog di Banjarnegara? Ehm emang sih banyak yang mengira candi ini sepenuhnya terletak di Wobosobo, namun sebenarnya terdapat bagian candi tersebut sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Keindahan yang benar-benar sensasional adalah kalau di sana katanya kita akan berada di sebuah negeri di atas awan. Yup, Dieng merupakan dataran tinggi yang berada di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut. Hawa nya yang dingin nan senjuk dijamin membuat kita semua ketagihan pengen ke sana lagi.

2. Kawah Sikidang 

Indahnya Kawah Sikidang, Banjarnegara 

Kalau di Bandung ada Kawah Putih, di Banjarnegara juga ada Kawa Sikidang. Bayangin saja guys, kalau kita di sana maka kita dapat melihat aktivitas kawah vulkanik secara dekat. Lebih mantabnya kita dapat melihat dengan lubang kepundan yang dapat disaksikan dari bibir kawah. Kira-kira apa yang yang menyebabkan si doi dinamakan “Sikidang”. Apakah dulu ada legenda yang berhubungan dengan kidang? Ehm, ternyata nama ini diambil dari fenomena alami di kawah ini. Uap air dan lava berwarna kelabu selalu bergemulak muncul ke permukaan berpindah-pindah dan bahkan melompat seperti seekor kidang. Nah sehingga kawah tersebut dinamakan dengan nama Kawah Sikidang.

3. Telaga Merdada 
Telaga Merdada yang Eksotis 

Telaga Merdada adalah salah satu telaga alami terluas di kawasan wisata Dieng. Luasnya mencapai 15 hektar. Dahsyat! Luas banget kan? Telaga ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Bungur, Banjarnegara tentunya. Apa sih bedanya telaga Merdada dibandingkan dengan yang lainnya? Setidaknya ada tiga daya tarik utama dari telaga ini, yaitu bentuknya seperti mangkuk raksasa, kealamianannya, dan penduduk lokalnya yang sangat ramah. Untuk mengunjungi telaga ini, sobat sekalian hanya butuh waktu 13 menit dari Jalan Jaya Dieng dengan kendaraan, tentunya jika jalanannya lancar jaya bebas macet ya. 


3. Telaga Dringo 

Telaga Dringo, Rano Kumbolonya Banjarnegara 

Hayo siapa yang pernah muncak ke Semeru? Pasti tahu kan adalah danau yang begitu menwan di sana. Yup yaitu Rano Kumbolo. Konon banyak orang bilang Telaga Dringo adalah rano kumbolonya Dieng, tentu saja karena danau ini mirip sekali dengan Rano Kumbolo. Telaga Dringo masih begitu alami karena belum begitu banyak di kunjungi oleh wisatawan. Untuk Mencapai ke tempat ini pun kita harus sedikit berjuang dan melwan rasa lelah, kita harus menyusuri jalan setapak khas pegunungan. Kata pujangga perjuangan akan terbayarkan oleh hasilnya. Nah, perjuangan menyusuri jalan setapak akan dibayar dengan eksotisnya pemandangan Telaga Dringo. 

4. Wisata Arung Jeram Serayu 

Menantangnya Arum Jeram Serayu 

Kalian suka hal yang menantang? Ehm yang satu ini cocok banget lah buat passion kalian. Yup yaitu Arum Jeram Serayu yang menwarkan tantangan pemacu adrenalin. Sobat dapat ber rafting ria menyusuri Sungai Serayu dan akan berhilir ke pantai selatan. 

5. TRM Serulingmas 

TMS Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas atau yang juga dikenal sebagai kebun binatang Selamanik ini satu-satunya taman margasatwa di kawasan Jawa Tengah bagian Selatan. Aksesnya pun sangat mudah dijangkau karena letaknya tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Selamanik, sekitar 1 km dari pusat kota yang bisa dicapai dengan mudah. Di sini kita dapat menyaksikan berbagai jenis satwa yang koleksinya terbilang lengkap, termasuk adanya para raja hutan yang berkandang di sana. Jadi mau lihat singa kita gak perlu ke Afrika guys, ke Banjarnega aja kita dapat salaman dengan singa kalau mau, tapi saya gak akan mau, paling foto-foto saja dari jarak jauh. Maklum si doi mah Raja Hutan, da aku mah apa atuh. Wkwkwk. 

6. Surya Yudha Park 

Taman Surya Yudha Park 

Pernah denger patung Merlion?  Pernah denger juga patung Liberty? Atau jangan-jangan sobat pengen lihat gimana entuh bentuknya patung? Ehm sekarang sobat gak perlu jauh-jauh ke Singapura atau New York untuk mejeng di depan patung itu. Sobat bisa menemukan keduanya di Banjarnegara lho. Serius ini gak bercanda. Sobat tinggal datang saja ke Surya Yudha Park. Ya memang sih hanya replika, tapi mirip loh. Tingga ditambahin sedikit sentuhan sotoshop, Sobat semua udah kayak bener-bener di Amerika. Surya Yudha Park adalah taman rekreasi air terlengkap di Banjarnegara yang berkonsep wisata terpadu. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti hotel berbintang, arena olahraga, rafting, dan juga wisata outbound.

Gimana sekarang sudah lebih mengenal Banjarnegara kan? Setidaknya enam pengenalan di atas dapat menjadi bagi Sobat semua untuk segera mengunjungi Banjarnegara ya. Mamang Dian Beli Selasih, Sekian dan Terima kasih. Saya do’akan deh sobat semua cepet-cepet bisa ngunjungin eloknya wisata Banjarnegara. Aamiin. 

Referensi :