Thursday, September 19, 2013

Elektro UPI Bentuk Komunitas Technopreneur

Elektro UPI Bentuk Komunitas Technopreneur


technopreneur 1
Berita.upi.edu 
Bandung, UPI
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, FPTK UPI adakan pelatihan teknopreneur, Rabu – Kamis (11-12/9/2013). Pelatihan kali ini bertemakan “Membangun Karakter Kewirausahan Mahasiswa Melalui Aplikasi E-SNB (Electronic Social Network Business)” dalam rangka meningkatkan kualitas kemampuan softskill. Acara yang dihelat di Laboratorium Elektronika Dasar FPTK UPI ini melibatkan jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Mahasiswa JPTE, dan pihak industri.
Acara dibuka secara langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Prof. Dr. H. Bachtiar Hasan, S.Pd., M.SIE. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan PTE menyatakan sangat mengapresiasi pelatihan teknopreneur tersebut guna mendorong produktivitas dan kemandirian mahasiswa dengan terjun di dunia bisnis berbasis pengunaan teknologi.
Dalam pelatihan ini, peserta dipandu oleh tim E-SNB Elektro UPI. Selain itu, peserta dapat langsung berkonsultasi sekaligus melakukan kerja sama dengan pihak industri yang sengaja dihadirkan.
Di penghujung acara, untuk melakukan tindak lanjut atas terselenggaranya pelatihan, maka dibentuklah sebuah komunitas Teknopreneur. Komunitas ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan menyalurkan minat bisnisnya. Adalah Agus Ramelan (Pendidikan Teknik Elektro UPI angkatan 2011) terpilih menjadi ketua Komunitas Teknopreneur Elektro UPI.
technopreneur 2“Komunitas ini bukanlah sekadar tempat berbagi ispirasi bisnis, namun menjadi wadah praktis untuk terjun di dunia bisnis. Dengan dukungan modal dari jurusan dan kerjasama dengan pihak industri, kami optimis dapat menjalankan roda bisnis di masing-masing sektor” Ujar Agus.
Disamping itu, sebuah web social network yang didesain khusus untuk forum bisnis mahasiswa juga diluncurkan. Web tersebut adalah http://technopreneur.elektro.upi.edu/. Web ini dapat diakses secara umum, hanya dengan mendaftar online secara gratis, member dapat berbagi info bisnis sekaligus bertransaksi. (Ram) 

Sumber : http://berita.upi.edu/2013/09/17/elektro-upi-bentuk-komunitas-technopreneur/

Monday, September 2, 2013

Leppim UPI Sosialisasikan PKM di Moka-ku 2013


1

berita.upi.edu Bandung, UPI
Lembaga Penelitian dan Penalaran (Leppim) kembali menyosialisasikan PKM kepada mahasiswa UPI. Kali ini, Leppim berkolaborasi dengan Dirmawa UPI dan Kemendik BEM Rema UPI. Sosialisasi tersebut dilakukan, Selasa (27/8/2013) dan disaksikan kurang lebih 7.000 mahasiswa baru UPI.
Dalam sosialisasinya kali ini, Dirmawa yang diwakili oleh Syahroni menjelaskan tentang PKM secara umum. Beliau memaparkan betapa penting dan bergengsinya PKM bagi mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa UPI harus mengikuti PKM sebagai ajang pembuktian prestasi. Sementara itu, Kemendik BEM Rema UPI, yang diwakili oleh Menteri Pendidikannya, Robi Awaludin, membeberkan motivasi tentang urgennya menulis bagi mahasiswa. Robi menyebut bahwa saatnyalah mahasiswa berpendapat, berorasi, dan bergagasan lewat tulisan.
Terakhir, Leppim menjelaskan tentang PKM secara spesifik. Dalam pejelasannya kali ini, enam orang anggota Leppim menjelaskan PKM per bidang. Agus Ramelan menjelaskan tentang PKM per bidang secara umum, Muhamad Patoni menjelaskan tentang PKM Penelitian (PKM-P), Erna Yulianti menjelaskan PKM Kewirausahaan (PKM-K), Novia Anggraeni menjelaskan tentang PKM Karsa Cipta (PKM-KC), Rina Febryani menjelaskan tentang PKM Teknik (PKM-T), dan Nurul Aisyah menjelaskan tentang PKM Pengabdian pada Masyarakat (PKM-M).
Dari sosialisasi ini, diharapkan partisipasi mahasiswa UPI dalam PKM bisa meningkat baik secara kuantitas, maupun kualitas. Secara kuantitas, diharapkan mahasiswa baru bisa meningkatkan partisipasi mahasiswa UPI dalam PKM, secara kualitas, diharapkan semakin banyak PKM mahasiswa UPI yang didanai dan yang lolos Pimnas.
Bagi-bagi Hadiah
Selain pada Hari Selasa, Leppim memberikan informasi PKM pada Hari Rabu, 28 Agustus 2013. Pada kesempatan kedua sosialisasianya ini, Leppim tidak hanya menjelaskan tentang PKM saja, tetapi memberikan pula sejumlah hadiah yang disediakan Dirmawa UPI. Total ada delapan hadiah yang diberikan kepada mahasiswa baru. Hadiah-hadiah tersebut diberikan pada mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan tentang PKM dan berani tampil dihadapan ribuan mahasiswa baru lainnya.  (WAS) 

Sumber : http://berita.upi.edu/2013/08/31/leppim-upi-sosialisasikan-pkm-di-moka-ku-2013/