Rabu, 21 Agustus 2013

UKM LEPPIM Wakili UPI dalam Ajang 4th Global Islamic Marketing Conference di Turki



1

Istanbul, UPI
Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UKM LEPPIM UPI) mengirimkan delegasi dalam konferensi internasional yang dilaksanakan di Istanbul, Turki 29 s.d 30 Mei 2013. Kegiatan yang diberi nama 4th Global Islamic Marketing Conference ini dihadiri 200 delegasi dari 40 negara. Setelah melalui proses seleksi double blind review, UKM LEPPIM diwakili oleh Linoharsih Khaerunnisa, mahasiswa Program Studi Akuntansi FPEB, satu-satunya perwakilan UPI yang menghadiri kegiatan tersebut.
Adapun beberapa kampus dari Indonesia yang turut berpartisipasi antara lain Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Kristen Maranatha dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta. Total delegasi Indonesia adalah 25 orang. Selebihnya merupakan delegasi dari berbagai negara seperti Malaysia, Mesir, Arab Saudi, Algeria, Nigeria, Pakistan, Kuwait, Australia, dan lain-lain. Untuk memudahkan komunikasi, paper presenter dapat memilih untuk melakukan presentasi menggunakan bahasa Arab atau Bahasa Inggris.   2
Peserta Konfrensi
Konferensi yang bertempat di Best Western Plus The President Hotel ini merupakan koferensi keempat yang dilaksanakan oleh International Islamic Marketing Association (IIMA), setelah sebelumnya dilaksanakan di Dubai, Abu Dhabi, dan Cairo. Adapun konferensi kelima tahun 2014 akan dilaksanakan di Malaysia. Dengan mengusung tema Visionary Marketers Building A Better World, kegiatan ini juga menyelenggarakan Mini MBA yang membahas berbagai masalah dalam Islamic marketing seperti Halal Business (Koen De Praetere Managing Direktor, Halal Balancing); Islamic Marketing & Branding (Dr.Yunus Ali, Monash University, Malaysia); Nutrition for Muslims (Daniel Davey, Senior Performance Nutritionist, Leinster Rugby Club); Islamic Innovation (Ronald Doherty, Director Strategy & Communications, IIMA, Ireland); Islamic Hospitality (Dr. Farooq Haq, Canadian University, UAE); Marketing of Islamic Financial Product (Dr.Elias Boukrami, The Regent’s Centre for Transnational Studies, UK); Social Media (Dr. Muhammad Ibahrine, American University in Sharjah, UAE); dan Corporate Social Responsibility (Dr.Paul Koku, Florida Atlantic University, USA).3
Setelah presentasi berlangsung, peserta melakukan field trip mengunjungi tempat tempat wisata dan bersejarah di Istanbul. Sebagai kota yang terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa, Istanbul memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi seperti Sultanahmet Camii (Blue Mosque), Aya Sophia, Topkapi Palace, Grand Bazar, selat Bosporus dan lain-lain. Seluruh peserta diajak menapaki jejak kejayaan islam,  menjelajahi kota yang merupakan museum hidup saksi penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al-Fatih, bekas-bekas benteng yang kokoh menjadi pemandangan yang menambah keindahan kota ini.
Ucapan terimakasih disampaikan kepada semua pihak yang turut membantu baik secara moril maupun materil dalam kegiatan ini. Kepada orang tua, pihak universitas, keluarga besar UKM LEPPIM UPI, Rekan-rekan PPSDMS-NF (Program Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Strategis-Nurul Fikri) Regional 2-Bandung, Konsulat Jendral Republik Indonesia di Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki, Keluarga Besar Program Pesantren Mahasiswa Daarut Tauhiid Bandung, serta pihak lain yang turut mendukung. Semoga ini menjadi langkah awal bagi kita semua untuk terus menorehkan prestasi di tingkat internasional. (LK) 

Sumber : http://berita.upi.edu/2013/08/18/ukm-leppim-wakili-upi-dalam-ajang-4th-global-islamic-marketing-conference-di-turki-2/

Himpunan Mahasiswa Elektro Adakan Workhsop Penulisan Esai


1
berita.upi.edu-  Bandung, UPI
Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) FPTK UPI, Kamis (1/8/2013) menggelar workshop Penulisan Esai. Kegiatan ini diadakan dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan tertanggal 23 Juli 2013 dan surat memo dari Pembantu Dekan I FPTK UPI tertanggal 24 Juli 2013 mengenai Lomba Penulisan Esai Sekretariat Kabinet Republik Indonesia yang mengusung tema “Peran Kredit Usaha Rakyat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat” dan LKTI ASEAN dengan tema “Mewujudkan Komunitas ASEAN 2015 yang Berorientasi pada Masyarakat”.
Workshop ini diselenggarakan di R.133 Lt. 4 Ged. FPTK UPI dan dibuka Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Dr. Enjang A. Juanda, M.T. Dalam sambutannya, Dr. Enjang menyatakan dukungan penuh kepada pengurus himpunan untuk meningkatkan keilmiahan khususnya dalam hal kepenulisan di lingkup Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Acara ini pandu oleh seorang pemateri yaitu Firman Aziz, S,Pd, M.Pd. Pemateri merupakan pegiat ilmiah sekaligus pembimbing UKM LEPPIM UPI periode 2013-2014.2
Kasubid Pendidikan dan Perpustakaan HME, Agus Ramelan menyampaikan bahwa acara Workshop Penulisan Esai ini merupakan bagian dari Proker Inkubator Riset HME.
“Workhsop ini merupakan bagian dari proker anyar kami, yaitu Inkubator Riset. Secara khusus Workshop penulisan Esai kali ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa JPTE yang berniat berpartisipasi dalam lomba esai SETKAB RI dan LKTI ASEAN dari KEMENLU RI” tutur Agus.
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya iklim keilmiahan yang dibarengi kompetensi mahasiswa JPTE khususnya dalam hal kepenulisan esai. Peserta yang diarahkan dalam partisipasi even lomba diharapkan juga dapat membawa nama baik himpunan, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Semoga. (Agus Ramelan/Kasubid Pendidikan dan Perpustakaan HME FPTK UPI

Sumber : http://berita.upi.edu/2013/08/14/himpunan-mahasiswa-elektro-adakan-workhsop-penulisan-esai/

Sabtu, 03 Agustus 2013

UKM LEPPIM Menggelar ISRF 2013

berita.upi.edu- Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian dan Pengkajian Inteletual Mahasiswa (UKM LEPPIM) kembali mengadakan seminar nasional dan  lomba karya tulis ilmiah nasional (LKTIN) yang dikenal dengan nama NRI (Nasional Research Institut) dan FIM (Festival Ilmiah Mahasiswa) yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga-lembaga ilmiah yang ada di seluruh Indonesia. Acara yang merupakan program kerja dari Departemen Penelitian dan Penalaran (DPP) UKM LEPPIM. 


Indonesia Student Researcher Festival (ISRF) merupakan ajang kompetisi bergengsi dalam bidang penelitian yang diikuti oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Selain itu, rangkaian acara ISRF terdiri atas Seminar Nasional dan Scholarship Information dengan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Belanda. Ini adalah tahun pertama penggunaan nama ISRF pada helatan akbar agenda tahunan UKM LEPPIM UPI, karena pada tahun-tahun sebelumnya UKM LEPPIM UPI menggunakan nama NRI (National Research Institute) dan FIM (Festival Ilmiah Mahasiswa).
ISRF akan dilaksanakan di bulan September mendatang bertempat di Balai Pertemuan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam pelaksanaanya ini panitia menaruh harapan besar dalam meningkatkan intelektualitas mahasiswa di dalam bidang penelitian dan penulisan, khususnya mahasiswa UPI, dan seluruh mahasiswa di seluruh indonesia sehingga terbentuk generasi yang berkualitas sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan Indonesia sendiri. Info tentang ISRF 2013 dapat di akses melalui http://www.isrf.co.vu atau di http://leppim.ukm.upi.edu/ISRF2013.html  (@ISRF2013 | @leppim_upi | Aan Agustan) 

Sumber : http://berita.upi.edu/2013/07/26/ukm-leppim-menggelar-isrf-2013/

Andai Masram Sang Presiden?

KBS



Indonesia, negeri indah menawan bak surga yang tertananam di tengah-tengah khatulistiwa antereo bumi. Daun hijau melambai-lambai, birunya air mendayu-ndayu, cerahnya angkasa menyapa dan senyum manis pribuminya sayuk-sayuk merayu meneduhkan hati membuat lupa akan penatnya kehidupan. Sekali lagi, itulah Indonesia. Tanah air yang sangat masram cintai. 
 
Ketika masram duduk di sekolah dasar di desa yang tercinta pernah masram ditanya ibu temen.
“Hey, masram kalau besar mau jadi apa?” tanyanya
Spontan ajah dong masram jawab, “Jadi PRESIDEN Bu!” Hahaha, kalau ingat tertawa juga masram nih. Emang gampang apa ya jadi presiden ituh. Orang Nomor Satu gituh katanya, serba bisa bahkan Bung Iwan Fals menyebut Presiden yang bagus tuh Manusia setenga Dewa. Beuh bener-bener nih, yang jadi Presiden ituh pasti bukan orang sembarangan tapi juga kurang tau tah kalau waktu pemilu ada yang sembarang milih (asal contreng-red) hehehe. 

Alhamdulillah banget sekaligus sesuatu bangetz nih, ada kesempatan bagus cetar membahana buat masram mengungkapkan segala uneg-uneg sementara yang terpendam di lubuk hati yang paling dangkal.#eh Ya, lewat lomba blog inilah masram bisa berandai-andai jadi Presiden dan mudah-mudah sih pengennya entar bakal terjadi beneran. Aamiin. 





Di sisa masa muda ini, masram semakin greget nih buat ungkapin semuanya. Kalau kata orang mah sudah kagak nahaaaaaan pakai banget lagi hehehe. Baiklah tanpa berlama-lama dan gak bermaksud melama-lamain, masram mulailah pengadaiannya. Cekidot!
Andai Masram Jadi Presiden! Ada beberapa langkah yang masram anggap merupakan langkah progresif, solutif dan aplikatif yang akan masaram implementasikan. Diantaranya adalah sebagai berikut. 

#Pertama : Keliling Indonesia 

Wow, Keliling Indonesia? Wah cita-cita masram bangetz tuh, maklum lah sementara ini baru bisa keliling jawa ama sumatera doang. Belum sempet keliling seluruh Indonesia, apalagi kalau gratis siapa sih yang gak mau??? Hehehe. Eitz, gak boleh suudzon duluh yah Bray and Sis,,. Masram mau keliling Indonesia tuh bukan hanya untuk bertamasya lho, melainkan masram pengen langsung terjun ke rakyat dan menampung aspirasi mereka secara rinci. Walau bagaimanapun, aspirasi secara langsung ituh beda gregetnya dengan aspirasi yang disampaikan pihak lain yang terkadang ada tambahannya atau kurangannya. Tujuannya jelas dan lugas, dengan memperhatikan keinginan rakyat maka program yang digulirkan akan merakyat dan sukses signifikasinya untuk kesejahteraan rakyat. 




#Kedua : Keliling Dunia 

Wow Wow Wow, keliling dunia? Gile banget nih, gak terbayang sebelumnya bagi masram. Bahkan sebatas mimpi selagi tidur pun belum pernah memimpikan keliling dunia. Tapi bahaya gak ya, ntar kalau mejeng di media-media nasional kalau ada presiden yang melancong keliling dunia? Beuh, begitulah kalau belum memahami duduk permasalahannya kenapa masram mau keliling dunia. Gini Bro and Sis, masram keliling dunia membawa dualisme misi mulia, hehehe. Yaitu menjalin kerja sama sebanyak-banyaknya dan menorehkan keperkasaan garuda di tanah orang. Kerja sama yang dimaksud bukan mencari hutang ya, tapi menjalin kerja sama bak simbiolis mutualisme. Kite dapet mereka juga dapet dan ujung-ujung buat kemajuan negara. Nah, yang kedua yaitu masram pengen menunjukkan kepada mata, hidung, telinga bahkan muka dunia kalau Indonesia itu ada dan perkasa. Tentunya dalam misi yang kedua ini gak enak rasanya kalau masram berangkat sendiri, masram sebagai Presiden mendukung sekaligus memfasilitasi penuh anak bangsa dalam menorehkan prestasi di kancang internasional. 




#Ketiga : Membentuk Kabinet Indonesia Muda  

Maklum Bro, Jiwa Muda Masram masih menggelegar dan bahkan siap mencakar langit jika diperlukan. Hehehe.. Kata orang yang muda yang bersahaja dan yang muda yang berkarya. Nah, maksud dari kabinet Indonesia Muda ini adalah memberikan kesempatan kepada kawula muda dan mudi tentunya untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mengurusi negara. Biasanya, yang Muda itu masih Idealis dan Visioner. Jadi sekali katakan tidak pada korupsi ya tidak untuk seterusnya. Ini biasanya lho ya, belum tahu kalau ada yang diluar biasanya. Hehehe Di satu sisi, masram sebagai Presiden menerima dengan lapang dada segala usulan inovatif dari kalangan muda di luar kabinet termasuk aktivis LSM, Karang Taruna, Mahasiswa dan lain-lain. Hal ini jelas, untuk lebih mematangkan konsep dalam pengambilan kebijakan. 




#Keempat : Pendidikan Tinggi Gratis! 

Keren kan masram, baru kali ini kan ada Presiden yang menggratiskan pendidikan tinggi?. Ya iyalah, masram gitu loh. Pasti ada pertanyaan dari mana tuh dananya?. Nah gini, kecuali yang membutuhkan pendidikan dasar sampai menengah atas diperbayarkan. Dana subsidi dialihkan ke jenjang perguruan tinggi. Denga hal seperti ini, masram berasumsi bahwa akan lebih memudahkan orang tua dalam menempatkan pendidikan anaknya stinggi-tingginya. 

#Kelima : BERDIKARI 

Konsep Berdiri di atas Kaki Sendiri yang pernah dicanangkan Bung Karno sangat bagus bagi masram. So, masram berniat mencanangkannya kembali dengan aksi nyata. Lebih baik kenyang di ladang sendiri daripada kelaparan di ladang orang lain. Eh keliru gak tuh? Egp ah, yang penting greget dan ketangkep kan maksud masram? 


#Keenam : Bersambung dulu yah. . . 

Sementara itu dulu ajah yang Bro & Sis. Tunggu ajah aksi berikutnya kalao masram udah jadi Presiden. Itung-itung buat surprise ntar, kalau masram buka semua di sini ntar malah jadi bukan surprise lagi dong. Iya enggak? Hehehe  

Okelah Sob, Tulisan ini masram buat dalam rangka berpartisipasi dalam Lomba Blog : Design and Article Writing Contest (DAWC) yang dihelat oleh FESTIK dan KBS. Menang kalah bukan masalah, namun masram tetep berdo’a semoga diberikan yang terbaik. By the way rekan-rekan semua juga bisa ikutan kog lomba blognya, tinggal klik di sini ajah yah buat informasi lebih lengkapnya. Selamat Mencoba dan Sukses! 

 

 



FesTIK