Sunday, May 26, 2013

#OPTIMIS, Cimahi Jadi Madani City!

#Selayang Pandang 

Hay hay Sobat! Gimanah nih kabarnya?. Damang?, Alhamdulillah yah kalau pada sehat semua. Tenang ajah gak usah khawatir, Masram di sini juga sehat-sehat ajah kog(ih sapa juga kali yang nanya, pd amat, hehehe #piss Bro). Okelah keep calm yah, dalam kesempatan yang berbahagia ini masram akan kembali berbagi cerita dahsyat dan so pasti Bray cetar membahana bak halilintar membelah angkasa(#bukan lebay yah). Ya, masram akan menceritakan suatu tempat dimana sekarang masram tinggal bahkan mengais sesuap ilmu plus nasi yaitu tak lain tak bukan adalah Kota Cimahi

"Sebagai penambah cumungut,
masram berbagai quote dulu tuh. Hehehe"  


#Masram, seperti apa sih Kota Cimahi ituh? 

Ih udah pade gak sabar yah?, tenang Bray kalem ajah. Baiklah masram mulai da. Kota Cimahi merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak diantara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, dulunya Kota Cimahi uh masih jadi bagian dari Kabupaten Bandung sob, nah kemudian baru pada tanggal 29 Januari 1976 ditetapkan sebagai Kota Administratif dan pada akhirnya ni daerah ditetapkan sebagai Kota Otonom pada tanggal 21 Juni 2001. Tau gak Bray, Kota Cimahi uh terdiri dari 3 Kecamatan dan 15 Kelurahan. Kalau tempat saya tinggal tuh di Kecamatan Cimahi Selatan tepatnya di Cimindi Raya bro (#gak nanya kale masram!).  

"Lambang Kota Cimahi" 


"Maskot Kota Cimahi" 




#Masram, gimana yah geografis Kota Cimahi?  

Sudah dua tahun lebih nih masram tinggal di kota pusat pendidikan militer ini, rasanya yah manteb gan. Dikit-dikit lumayan tau lah seluk-beluk nan hiruk pikuk Kota Cimahi (#ih, sok tau masram yah?). Secara umum Kota Cimahi tuh gak luas banget tapi juga gak kecil Bray, ya dapat dibilang ya sedang-sedang sajah. Hehehe. Luas total kota ini mencapai 4.103,73 Ha dengan rincian lahan untuk pemukiman 39,21%, militer 9,14%, Industri 17,06%, pesawahan 7,94%, tegalan 9,31%, kebun campuran 8,94%, pusat perdagangan 3,41% dan lain-lain 4,99%. 

"Ini dia Sob peta
Kota Cimahi" 


#Kalau tempat refresingnya gmana masram? 

Tenang ajah Bray, Kota Cimahi menyuguhkan banyak tempat yang relevan untuk menyegarkan pikiran dari segala penat kehidupan. Kalau masram sendiri, sering banget kalau tiap minggu tuh joging di Lapangan Brigif, wah rame banget pokonya. Di sana tuh selain olahraga, kita juga dapet belanja super hemat Bray. Komplit plit plit pokonya mah, hampir semua barang ada dan tentunya murah bangeeeeeeeeeetz! Nah, secara komplitnya nih masram share yah tempat-tempat di Kota Cimahi yang bisa dijadikan alternatif tempat liburan Sobat semua.
Taman yang cocok buat Hiburan, diantaranya: 

1. Taman Rakyat – Pem. Kota Cimahi cocok buat jalan-jalan, olah raga & belanja.

2. Lapangan BrigIf – Asrama Brigif Cimahi cocok buat joging, olah raga & belanja.

3. Kolam Renang BercLeus – Jln Sukimun menyediakan fasilitas kolam renang, cafe, kebun binatang.

4. Kolam Renang Tirta Yuda – Jln Pasir KumeLi menyediakan fasilitas renang, cafe, flying fox.
5. All About Strawberry – Jln Cihanjuang 17 km 2,5 menyediakan fasilitas agrowisata, bermain, belanja, cafe.
6. ViLLa Katumbiri – Jln Cihanjuang 56 km 5 menyediakan fasilitas  villa, air terjun, pemandangan alam
7. Paku Haji – Jln Haji Ghofur Cimahi  bermain, naik kuda, motor trax, flying fox, makanan khas sunda.
8. Ciwangun Indah Camp (CIC) – Jln Kolonel Masturi Cisarua menyediakan fasilitas bermain, motor trax, berkuda, flying fox, cafe.

Air Terjun

1. Curug Panganten – Jln Cihanjuang km 5

2. Curug Cimahi – Jln Kolonel Masturi Cisarua

3. Curug Bugbrug – Jln Kolonel Masturi Cisarua

4. Curug Tilu – CIC – Jln Kolonel Masturi Cisarua 

"Curug Cimahi yang
dingin nan mantab Bray"



Nah, itu dia beberapa tempat wisata yang ada di Kota Cimahi an sekitarnya Bray. Sok atuh, biar gak penasaran buruan kunjungi yah. Tapi jangan lupa yah, ajak-ajak masram.kwkwkwk 



#Masram, kalau perkembangan Kota Cimahi gmana dong? 

Wuih Bray, kalau ditanya masalah bagaimana perkembangan kota ini jadi greget masram buat ceritaiinya. Dahsyat! Ya, satu kata itu yang sangat relevan buat mengekspresikan perkembangan Kota Cimahi dari awal tahun berdiri sampai zaman boy band sekarang(#hehehe). Pada umumnya perkembangan administrasi Kota Cimahi tuh difokuskan pada pemberdayaan daya beli dan daya saing masyarakat Bray. Untuk apa coba hal tersebut harus diberdayakan?. Okelah, ginih Bray, pemberdayaan tersebut dilakukan guna mendorong perkembangan ekonomi Kota Cimahi tentunya. Mengingat konsumsi dalam negeri tuh cukup ambil peran dalam percepatan pertumbuhan kota Bray. So, ditahun 2007-2012 kemarin, dalam rencana pembangunan Kota Cimahi jangka menengah tuh bermaksud meningktan infrastruktur ekonomi dan kesempatan kerja, meningkatan kualitas penidikan dan penegakan hukum, kualitas penyediaan infrastruktur kota, melaksanakan pembangunan berbasi lingkungan hidup dan pengembangan kemitraan.
Oh ya, Kota Cimahi juga mempunyai produk makanan unggulan lho. Salah duanya yaitu Bandrek Cihanjuang dan Kue Semprong. Tak tanggung-tanggung, pemasaran produk makanan ini sudah lintas negara lho, atau nama bekennaya go international. Wuih keren bangetzs yah. Selain ituh, Kota Cimahi juga memiliki batik dengan motif dari Cireudeu, Ciawitali, Curug Cimahi  Pusdik, dan Kujang lho. Batik Cimahi ini mulai diperkenalkan pada masyarakat tepat pada haji jadi Kota Cimahi bray, tepatnya pada bulan juni 2009. Sejak saat itulah, upaya-upaya guna melestarikan Batik Cimahi mulai gencar dilakukan. Tak kalah dahsyatnya, ditengah-tengah hiruk pikuk perekonomian, Kota Cimahi angat peduli akan perkembangan teknologi terkini. Terbukti, Kota Cimahi memiliki gedung Baros Informasi Technology Creative (BITC) yang telah menjadi salah satu ikon dari kota ini. Gedung ini didirikan dengan maksud menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan industri kreatif bidang teknologi informasi khususnya mengenai film dan animasi. Wah-wah keren bangetsz kan Bray?, gmana coba perasaan Sobat?, ehms it wonderfull city kan yah.  

"Gedung BITC Cimahi" 

"Sorry Bray, masram numpang eksis dulu yah.
Ni ceritanya masram habis dari stasiun Cimahi dan singgah istirahat dulu di depan BITC.
Selain pusatnya teknologi informasi, ternyata BITC dan
sekitarnya nyaman buat nongkrong bersantai Bray' 


#Eh masram, ceritain dong siapa ya Walkot Cimahi

Oh iya, benar Bray semua, berbicara mengenai seberapa cepat bus melaju tak dapat dipisahkan dari peran seorang sopir yang mengemudikannya. Begitu pula dengan perkembangan suatu kota yang tak lepas dari jasa walikotanya. Semenjak berdiri sebagai kota, Cimahi telah mengalami tiga periode kepemimpinan yang membukukan dua nama sebagai walikotanya. Yang pertama adalah Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, M.M. yang memulai menjabat pada 2002 dan berlanjut diperiode selanjutnya hingga Oktober 2012. Yang kedua adalah Hj. Atty Suharti Tochija, S.E. yang memulai jabatan sebagai Walikota Cimahi pada Oktober 2012 hingga sekarang. Ya, dua pemimpin inilah yang menjadi kreator garda terdepan dalam perjalanan perkembangan Kota Cimahi hingga seperti sekarang ini.  

Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, M.M. 
Hj. Atty Suharti Tochija, S.E.


#Ehm, Kalau feeling masram sendiri tentang Kota Cimahi gamana? 

Yakin jadi Kota Madani! Itulah optimisme yang keluar dari benak masram. Bukan hanya sekadar harapan kosong atau PHP kalau bahasa muda-mudi sekarang, hehehe. Melainkan semua muncul berkat fakta di lapangan yang sangat meyakinkan masram. Misalnya saja nih dalam planologi kota, Kota Cimahi telah membagi ketiga wilayahnya dalam sentra-sentra tersendiri. Kecamata Cimahi Utara tuh diarahkan ke sentra perumahan, pendidikan dan pelayanan umum. Kecamatan Cimahi Tengah diarahkan untuk perdagangan dan jasa, pusat pemerintahan serta pendidikan. Sedangkan Kecamatan Cimahi Selatan ituh lebih condong ke Industri. Nah, pengarahan inilah yang membuat masram yakin bahwa Kota Cimahi bakal jadi yang Madanai yakni kota yang mandiri dan tertib. Semoga yah! Amin.

Oh yaw Sobat, postingan ini masram buat dalam rangka mengikuti Cimahi Blog Competition  yang diadain Pemkot Cimahi loh. Wah keren yah kota ini, sangat relevan kompetisi ini dengan konsep Kota Cimahi sebagai Cybercity.J os Gandos pokonya mah!. Sobat semua juga bisa kog ikutan lomba blog ini, wah hadiahnya sangat menggiurakan Bray. Namun tetaplah, hadiah mah hanya sebagai bonus yang mengiringi, yang penting kita adalah berbagi cerita dan inspirasi(#masram quote). Kalau Sobat mau juga, nih langsung ajah daftar yah di http://www.cimahikota.go.id/lomba/. Oke selamat berkarya dan salam Masram Dahsyat! Good Luck!








referensi cerita masram: 

29 comments:
Write Komentar
  1. Memang Kota Cimahi sangat peduli dengan industri kreatif, khususnya di kalangan kawula muda.

    ReplyDelete
  2. mantap. masbrooo
    go go cimahi

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Iya Mas Bray, makasih yah semangatnya!
    Maju terus ke arah yang lebih baik juga buat Kota Cimahi.

    ReplyDelete
  6. Ya, Kota Cimahi adalah kota yang menaruh perhatian besar akan perkembangan Industri Kreatif.

    ReplyDelete
  7. MAJU TERUS BRO! TULISAN ANDA SANGAT INSPIRATIF SEKALI !!! HAHAHA MAAF CAPSLOCK JEBOL ^^

    ReplyDelete
  8. Iya, memang benar Kota Cimahi sangat mendukung perkembangan Industri Kreatif.
    @Nadiah: Makasih yah, masram sangat senang bila tulisan ini dapat memberikan kebermanfaatan.

    ReplyDelete
  9. Kota Cimahi merupaka kekuatan industri di Jawa Barat. Banyak pabrik seperti tektil berdiri di Kota Cimahi. Maju terus Kota Cimahi! Oh ya, semangat juga buat masram yah!. ganbatte!

    ReplyDelete
  10. @Rani : Benar sekali rani, makasih yah. Tenang masram selalu semangat kog. Rani jangan khawati yah.

    ReplyDelete
  11. Curug Cimahi, wah manteb pokoknya. ane tiap pekan lewat dari ledeng ke cisarua, betah pokoknya kalau mampir di sana. .

    ReplyDelete
  12. Wah, diakhir tulisannya masram ngeshare info lombanya euy. Manteb bangetz,, sangat bermanfaat! cumungutz yah masram!

    ReplyDelete
  13. Ini dia kalimat yang gue suka : "Namun tetaplah, hadiah mah hanya sebagai bonus yang mengiringi, yang penting kita adalah berbagi cerita dan inspirasi(#masram quote)".

    ReplyDelete
  14. @Yusup: Bener tuh Mas, saya juga sering lewat, kalau mau ke Masjid Al Karim nah cocok banget buat singgah di curug Cimahi. Air sejuknya itu loh rasanya maknyuuuuuusss . . Hehehe

    ReplyDelete
  15. @Ganjar : Iaya mangga, ikutan jugah yah. tapi jangan lupa kalau menang ingat masram #hehehe
    @pemudaprestatif: hehehe, makasih yah.

    ReplyDelete
  16. Perkembangan Kota Cimahi memang cukup pesat, dilain memberikan peluang ke investor besar Pemkot juga meneyediakan ruang untuk pedagang kecil, contohnya ya di Brigif kalau hari minggu. Tempat favorit gue belanja tuh, komplit dan murah. . . .

    ReplyDelete
  17. Wah masram di Cimindi yah, di Cimindi tuh kalau malem rame banget. banyak yang jualan dan tentunya murah-murah bangetz yah. .

    ReplyDelete
  18. @Amel : Iya bener bangetz, hari minggu emang cocok buat olahraga plus belanja di Brigif Cimahi.

    ReplyDelete
  19. @Yanu : Iya, ane di Cimindi tepatnya belakang pasar Cimindi,, maen atuh ke sini. hehehe

    ReplyDelete
  20. Sore-sore emang manteb kalau nongkrong di alun2 depan DPRD Kota Cimahi, suasana yang asri di tengah-tengah kota.

    ReplyDelete
  21. @Winda : Manteb dan Greget Pokoknya kan? Cimahi gitu loh HeHehe

    ReplyDelete
  22. Iyah bener, deket BITC manteb buat bersantai. apalagi nih kalau malam di ujung deket POM Bensin kan ada yang jual gule dan tongseng asli Jogja. Maknyusss!

    ReplyDelete
  23. @Prasetyo : wah ternyata ente sependapat yah ama ane. hehehhe

    ReplyDelete
  24. Deretan Jalan Masturi yang deket cisarua tuh suasananya adem ayem banget, manteb buat momotoran kalau weekend guys.

    ReplyDelete
  25. @Yudi : iyah emang bener, manteb pokoknya hawanya. dingin-dingin segar.

    ReplyDelete
  26. Perasaan kemarin ane juga liat spanduk ada Job Fair lho yang diakan PEMKOT CIMAHI di Cimall. Manteb bener yah gan. .

    ReplyDelete
  27. Wah, bener-bener. Ada Seminar TIK dan Web Blogging juga lhohh.

    ReplyDelete