Selasa, 21 Mei 2013

#Nasi Liwet, Pancen Asli Solo lur!



Hay sahabat, btw gmana nih kabarnya? Sehat-sehat semua kan? Syukurlah kalo pade sehat semuanye, ehm kalo masram sendiri juga sehat kog dan tentunya tak lupa mengucap(dengan penuh semangat) “Alhamdulillah, Luar Biasa, Mantab!”.  Kale ni, masram akan sedikit berbagi cerita dari ranah penghujung timur Propinsi Jawa Tengah, yupz Kota Solo. Kemungkinan sudah gak asing lage kale kota ini buat masram, kan kota kelahiran gue yaaa walaupun gak di pusat kota lahirnya(Kab. Wonogiri-red) hehehe. Yukz kite mulai ceritanya. Ok Bray? Lanjut lah!

#1 Apa pikiran pertama Sobat ketika dengar kata SOLO?  


Pertama kali denger kota Solo apa coba yang terpikir dibenak sobat? (#ih masram kepo deh). Kalau boleh tebak nih pasti yang terpikir, Jokowi, Bakso, Pasar Klewer, Bengawan Solo, Sewu Kuto, Stasiun Balapan, Batik lan sakpiturute. Diantara sederetan ituh pasti yang masih nempel dibenak sobat adalah Jokowi. Yah, kemarin-kemarin ataupun sekarang juga masih terhembus musi Jokowi. Ketika ada kata Solo dapat diidentikan dengan Jokowi. Betapa tidak Bray, Mantan Walikota Solo yang sekarang menjabat Gubernur DKI ini memang acapkali menghiasi layar televisi dengan pemberitaan yang positif dan menarik hati semua kalangan masyarakat Indonesia(#ups gak promosi loh masram hehehe). Apapun yang sobat pikirkan tentang Kota Solo, yang jelas kota ini menyimpan beribu pesona sekaligus kearifan lokal yang luar biasa DAHSYAT!


"Masram lagi mau bercerita Dahsyat nih,
lanjutkan baca ya Sob, please hehehe" 


#2 Seperti apa sih Kota Solo itu? 


Kota Solo atau yang juga dikenal sebagai kota Kota Surakarta tuh merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang bersemboyan BERSERI alias Bersih, Sehat, Rapi dan Indah merupakan pusat dari Karisidenan Surakarta. Kota Solo tuh juga sangat merupakan kota kreatif loh, terbukti di bidang pariwisatanya, Kota Solo mengeluarkan slogan yang cetar membahana yakni Solo the Spirit of Java. 
Slogan ini tentunya dapat membangun citra Kota Solo sebagai central kebudayaan Jawa. Nah, gimana Sob, udah ada gambaran kan tentang Kota Solo? Untuk info lebih lanjut hubungi dokter, eh keliru maksudnya kunjungi ajah websitenya di http://surakarta.go.id/

#3 Kok panjang lebar, mana Nasi Liwetnya?  



Hehehe, udah pade laper yah?, sabar bin kalem ajah sobat, pasti semuanya kebagian rata, kebagian cerita nasi liwetnya maksudnya(#pis). Memang, Kota Solo adalah kota seribu pesona. Salah satu pesona yang sangat sayang jika ditinggalkan adalah Pesona Kuliner. Ya, makanan lezat, penuh gizi, dan mantab jos gandos namun tetap berbasis kearifan lokal adalah ciri khas kuliner dari kota PERSIS 1923 ini. Salah satunya nih yaitu Nasi Liwet. Nah, udah mau mule nih ceritan Nasi Liwetnya, yukz siapakan pikiran tenangkan hati, siapkan makanan cz ntar pasti bikin kabita.(Ih hayuk deh masram, banyak nayah nyeh nyoh sih, buruan cerita dong). Oke dah masram mulai nih ceritanya about Nasi Liwet dari Kota Solo.


#4 Seperti apa sih Nasi Liwet tuh? 


Nasi Liwet itu istimewa loh sobat, betapa tidak nasi ini sangat unik dan berbeda dari nasi lainnya. Nasi Liwet tuh nasi yang berasa gurih (dimasak dengan santan kelapa) yang disajikan dengan aneka sayuran seperti labu siam, suwiran ayam dan areh (semacam bubur guri dari kelapa). Biasanya nih, warga juga menyajikan menu ini untuk sarapan di tengah persawahan ketika musim garap sawah. Beuh, sensasinya men, luar biasa DAHSYAT!

"Ini loh Sob, salah satu cotoh sajian mantab Nasi Liwet Solo"  


#5 Bergizi ndak Nasi Liwet itu? 


Ngemeng-ngemeng masalah gizi, ehmz dapat dipastikan bahwa Nasi Liwet tu banyak gizinya Bray. Betapa tidak, jelas dong di nasinya ajah udah mengandung energi, protein , kalsium, fosfor dan zat besi. Belum lagi ditambah dari sayuran dan daging ayamnya. Beuh, pasti dach komplit 4 sehat dan jadi 5 sempurna jika ditambah minum susu murni asli Boyolali. Hehehe. Beside that, (beuh gaya masram) Nasi Liwet juga merupakan makanan pokok yang tentunya sangat mengenyangkan. Dalam artian tidak hanya sekadar camilan ataupun makanan ringan Bray. Hayo gamana, udah tau to gizi Nasi Liwet? Pengen coba buat???

#6 Kasih tau dong Resep buatnya? 


Kasih tau gak yaw?, Wani piro? Hehehe. Tenang ajah Bray, karena berbagi itu indah maka masram gak pelit kog buat ngeshare resepnya. Buat Nasi Liwet tuh gak susah-susah banget kog, gak perlu nyontek, yang penting niat dan tulus dan usahanya (#ups seperti mau UN ajah). Nih dia, cikidot resep Nasi Liwet Sobat.
Bahan:
- 400 gr beras, cuci
- 700 ml santan dari ½ butir kelapa
- 2 lembar pandan
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, dimemarkan
- ½ sdt garam
Ayam Areh
Bahan:
- 1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian
- 1 sdt ketumbar halus
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt garam
- 2 sdm gula merah
- 2 gelas air kelapa
Bumbu Halus :
- 4 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 3 butir kemiri
- 3 cm lengkuas
- ½ sdt terasi
Areh :
- 1 gelas santan kental dr ½ butir kelapa
- 3 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas, memarkan
- ½ sdt garam
Sayur Labu Siam
Bahan :
- 1 buah labu siam, kupas dan potong-potong sebesar batang korek api
- 3 cm lengkuas memarkan
- 2 lembar daun jeruk purut
- 2 lembar daun salam
- 2 gelas santan dari ¼ butir kelapa
- garam dan gula secukupnya
Bumbu Halus :
- 2 sdm minyak
- 3 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 2 buah cabai merah, buang biji
Telur Pindang :
Bahan :
- 6 butir telur
- 1 genggam kulit bawang merah
- 3 cm lengkuas memarkan
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt garam
- 1 gelas air
Cara membuatnya nih Sobat :
- Masak beras dan semua bahan dalam panci sampai santan mengering.
- Tutup panci dan api dikecilkan. Masak selama 20 menit. Angkat dari api.
- Biarkan panci tertutup selama 30 menit lagi sampai nasi matang.
Ayam Areh :
- Ayam dibaluri dengan bumbu halus.
- Masak dengan sisa bahan lainnya sampai ayam empuk, Angkat. Sajikan dengan siraman areh.
- Areh : masak semua bahan sampai masak dan kental.
Sayur labu Siam :
- Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
- Masukkan labu siam dan sisa bahan. Aduk-aduk, masak sampai labu matang.
Telur Pindang :
- Masak telur bersama bahan-bahan lainnya dengan api kecil sampai telur matang dan kulit kecoklatan.

- Angkat. Retakkan kulit telur. Rebus lagi sebentar. Dan tentunya kupas kulit telurnya Sob. 

Nah yang terakhir yaitu, sajikanlah Nasi Liwet dengan Ayam Areh, Sayur Labu Siam, Telur Pindang. Dijamin dah rasanya pasti manteb dan Dahsyat! Gmana gampang kan Bray, cara biki Nasi Liwet. Sok atuh, geura dipraktekkeun. Kan kata orang pintar, ilmu tuh kala gak dipraktekkin yang gak akan jadi kenyataan. Begitu pula dengan resep di atas, kalau gak segera dipraktekin dijamin gak akan jadi hidangan Nasi Liwet Mantab dan kaya akan gizi. Hehehe.



Sampai di sini dulu yah masram berceritanya, ntar kalau lama-lama bisa jadi novel dong. Kwkwkwk. Oh iya, artikel ini masram buat dalam rangka berpartisipasi di Lomba Blog Jelajah Gizi 2.  yang diadain oleh Sari Husada. Hadiahnya manteb loh, 10 Pemenang akan diajak jalan-jalan menelusuri kepulauan seribu. Mantab kan? Do’akan masram biar menang yah, Amin. Sahabat semua juga bisa ikut kog, nih saya sertakan bannernya dibawah postingan ini. Atau info lebih lanjutnya sahabat dapat langung kunjungi Website http://nutrisiuntukbangsa.org/. Good Luck yah! 



Untuk ikutan juga,
klik url ini yah http://nutrisiuntukbangsa.org/jelajah-gizi-2-2/.


Ref:




1 Komentar:

Anonim | 23 Mei 2013 21.00  

manteb!

Posting Komentar