Minggu, 26 Mei 2013

#OPTIMIS, Cimahi Jadi Madani City!

#Selayang Pandang 

Hay hay Sobat! Gimanah nih kabarnya?. Damang?, Alhamdulillah yah kalau pada sehat semua. Tenang ajah gak usah khawatir, Masram di sini juga sehat-sehat ajah kog(ih sapa juga kali yang nanya, pd amat, hehehe #piss Bro). Okelah keep calm yah, dalam kesempatan yang berbahagia ini masram akan kembali berbagi cerita dahsyat dan so pasti Bray cetar membahana bak halilintar membelah angkasa(#bukan lebay yah). Ya, masram akan menceritakan suatu tempat dimana sekarang masram tinggal bahkan mengais sesuap ilmu plus nasi yaitu tak lain tak bukan adalah Kota Cimahi

"Sebagai penambah cumungut,
masram berbagai quote dulu tuh. Hehehe"  


#Masram, seperti apa sih Kota Cimahi ituh? 

Ih udah pade gak sabar yah?, tenang Bray kalem ajah. Baiklah masram mulai da. Kota Cimahi merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini terletak diantara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, dulunya Kota Cimahi uh masih jadi bagian dari Kabupaten Bandung sob, nah kemudian baru pada tanggal 29 Januari 1976 ditetapkan sebagai Kota Administratif dan pada akhirnya ni daerah ditetapkan sebagai Kota Otonom pada tanggal 21 Juni 2001. Tau gak Bray, Kota Cimahi uh terdiri dari 3 Kecamatan dan 15 Kelurahan. Kalau tempat saya tinggal tuh di Kecamatan Cimahi Selatan tepatnya di Cimindi Raya bro (#gak nanya kale masram!).  

"Lambang Kota Cimahi" 


"Maskot Kota Cimahi" 




#Masram, gimana yah geografis Kota Cimahi?  

Sudah dua tahun lebih nih masram tinggal di kota pusat pendidikan militer ini, rasanya yah manteb gan. Dikit-dikit lumayan tau lah seluk-beluk nan hiruk pikuk Kota Cimahi (#ih, sok tau masram yah?). Secara umum Kota Cimahi tuh gak luas banget tapi juga gak kecil Bray, ya dapat dibilang ya sedang-sedang sajah. Hehehe. Luas total kota ini mencapai 4.103,73 Ha dengan rincian lahan untuk pemukiman 39,21%, militer 9,14%, Industri 17,06%, pesawahan 7,94%, tegalan 9,31%, kebun campuran 8,94%, pusat perdagangan 3,41% dan lain-lain 4,99%. 

"Ini dia Sob peta
Kota Cimahi" 


#Kalau tempat refresingnya gmana masram? 

Tenang ajah Bray, Kota Cimahi menyuguhkan banyak tempat yang relevan untuk menyegarkan pikiran dari segala penat kehidupan. Kalau masram sendiri, sering banget kalau tiap minggu tuh joging di Lapangan Brigif, wah rame banget pokonya. Di sana tuh selain olahraga, kita juga dapet belanja super hemat Bray. Komplit plit plit pokonya mah, hampir semua barang ada dan tentunya murah bangeeeeeeeeeetz! Nah, secara komplitnya nih masram share yah tempat-tempat di Kota Cimahi yang bisa dijadikan alternatif tempat liburan Sobat semua.
Taman yang cocok buat Hiburan, diantaranya: 

1. Taman Rakyat – Pem. Kota Cimahi cocok buat jalan-jalan, olah raga & belanja.

2. Lapangan BrigIf – Asrama Brigif Cimahi cocok buat joging, olah raga & belanja.

3. Kolam Renang BercLeus – Jln Sukimun menyediakan fasilitas kolam renang, cafe, kebun binatang.

4. Kolam Renang Tirta Yuda – Jln Pasir KumeLi menyediakan fasilitas renang, cafe, flying fox.
5. All About Strawberry – Jln Cihanjuang 17 km 2,5 menyediakan fasilitas agrowisata, bermain, belanja, cafe.
6. ViLLa Katumbiri – Jln Cihanjuang 56 km 5 menyediakan fasilitas  villa, air terjun, pemandangan alam
7. Paku Haji – Jln Haji Ghofur Cimahi  bermain, naik kuda, motor trax, flying fox, makanan khas sunda.
8. Ciwangun Indah Camp (CIC) – Jln Kolonel Masturi Cisarua menyediakan fasilitas bermain, motor trax, berkuda, flying fox, cafe.

Air Terjun

1. Curug Panganten – Jln Cihanjuang km 5

2. Curug Cimahi – Jln Kolonel Masturi Cisarua

3. Curug Bugbrug – Jln Kolonel Masturi Cisarua

4. Curug Tilu – CIC – Jln Kolonel Masturi Cisarua 

"Curug Cimahi yang
dingin nan mantab Bray"



Nah, itu dia beberapa tempat wisata yang ada di Kota Cimahi an sekitarnya Bray. Sok atuh, biar gak penasaran buruan kunjungi yah. Tapi jangan lupa yah, ajak-ajak masram.kwkwkwk 



#Masram, kalau perkembangan Kota Cimahi gmana dong? 

Wuih Bray, kalau ditanya masalah bagaimana perkembangan kota ini jadi greget masram buat ceritaiinya. Dahsyat! Ya, satu kata itu yang sangat relevan buat mengekspresikan perkembangan Kota Cimahi dari awal tahun berdiri sampai zaman boy band sekarang(#hehehe). Pada umumnya perkembangan administrasi Kota Cimahi tuh difokuskan pada pemberdayaan daya beli dan daya saing masyarakat Bray. Untuk apa coba hal tersebut harus diberdayakan?. Okelah, ginih Bray, pemberdayaan tersebut dilakukan guna mendorong perkembangan ekonomi Kota Cimahi tentunya. Mengingat konsumsi dalam negeri tuh cukup ambil peran dalam percepatan pertumbuhan kota Bray. So, ditahun 2007-2012 kemarin, dalam rencana pembangunan Kota Cimahi jangka menengah tuh bermaksud meningktan infrastruktur ekonomi dan kesempatan kerja, meningkatan kualitas penidikan dan penegakan hukum, kualitas penyediaan infrastruktur kota, melaksanakan pembangunan berbasi lingkungan hidup dan pengembangan kemitraan.
Oh ya, Kota Cimahi juga mempunyai produk makanan unggulan lho. Salah duanya yaitu Bandrek Cihanjuang dan Kue Semprong. Tak tanggung-tanggung, pemasaran produk makanan ini sudah lintas negara lho, atau nama bekennaya go international. Wuih keren bangetzs yah. Selain ituh, Kota Cimahi juga memiliki batik dengan motif dari Cireudeu, Ciawitali, Curug Cimahi  Pusdik, dan Kujang lho. Batik Cimahi ini mulai diperkenalkan pada masyarakat tepat pada haji jadi Kota Cimahi bray, tepatnya pada bulan juni 2009. Sejak saat itulah, upaya-upaya guna melestarikan Batik Cimahi mulai gencar dilakukan. Tak kalah dahsyatnya, ditengah-tengah hiruk pikuk perekonomian, Kota Cimahi angat peduli akan perkembangan teknologi terkini. Terbukti, Kota Cimahi memiliki gedung Baros Informasi Technology Creative (BITC) yang telah menjadi salah satu ikon dari kota ini. Gedung ini didirikan dengan maksud menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan industri kreatif bidang teknologi informasi khususnya mengenai film dan animasi. Wah-wah keren bangetsz kan Bray?, gmana coba perasaan Sobat?, ehms it wonderfull city kan yah.  

"Gedung BITC Cimahi" 

"Sorry Bray, masram numpang eksis dulu yah.
Ni ceritanya masram habis dari stasiun Cimahi dan singgah istirahat dulu di depan BITC.
Selain pusatnya teknologi informasi, ternyata BITC dan
sekitarnya nyaman buat nongkrong bersantai Bray' 


#Eh masram, ceritain dong siapa ya Walkot Cimahi

Oh iya, benar Bray semua, berbicara mengenai seberapa cepat bus melaju tak dapat dipisahkan dari peran seorang sopir yang mengemudikannya. Begitu pula dengan perkembangan suatu kota yang tak lepas dari jasa walikotanya. Semenjak berdiri sebagai kota, Cimahi telah mengalami tiga periode kepemimpinan yang membukukan dua nama sebagai walikotanya. Yang pertama adalah Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, M.M. yang memulai menjabat pada 2002 dan berlanjut diperiode selanjutnya hingga Oktober 2012. Yang kedua adalah Hj. Atty Suharti Tochija, S.E. yang memulai jabatan sebagai Walikota Cimahi pada Oktober 2012 hingga sekarang. Ya, dua pemimpin inilah yang menjadi kreator garda terdepan dalam perjalanan perkembangan Kota Cimahi hingga seperti sekarang ini.  

Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, M.M. 
Hj. Atty Suharti Tochija, S.E.


#Ehm, Kalau feeling masram sendiri tentang Kota Cimahi gamana? 

Yakin jadi Kota Madani! Itulah optimisme yang keluar dari benak masram. Bukan hanya sekadar harapan kosong atau PHP kalau bahasa muda-mudi sekarang, hehehe. Melainkan semua muncul berkat fakta di lapangan yang sangat meyakinkan masram. Misalnya saja nih dalam planologi kota, Kota Cimahi telah membagi ketiga wilayahnya dalam sentra-sentra tersendiri. Kecamata Cimahi Utara tuh diarahkan ke sentra perumahan, pendidikan dan pelayanan umum. Kecamatan Cimahi Tengah diarahkan untuk perdagangan dan jasa, pusat pemerintahan serta pendidikan. Sedangkan Kecamatan Cimahi Selatan ituh lebih condong ke Industri. Nah, pengarahan inilah yang membuat masram yakin bahwa Kota Cimahi bakal jadi yang Madanai yakni kota yang mandiri dan tertib. Semoga yah! Amin.

Oh yaw Sobat, postingan ini masram buat dalam rangka mengikuti Cimahi Blog Competition  yang diadain Pemkot Cimahi loh. Wah keren yah kota ini, sangat relevan kompetisi ini dengan konsep Kota Cimahi sebagai Cybercity.J os Gandos pokonya mah!. Sobat semua juga bisa kog ikutan lomba blog ini, wah hadiahnya sangat menggiurakan Bray. Namun tetaplah, hadiah mah hanya sebagai bonus yang mengiringi, yang penting kita adalah berbagi cerita dan inspirasi(#masram quote). Kalau Sobat mau juga, nih langsung ajah daftar yah di http://www.cimahikota.go.id/lomba/. Oke selamat berkarya dan salam Masram Dahsyat! Good Luck!








referensi cerita masram: 

Selasa, 21 Mei 2013

#Nasi Liwet, Pancen Asli Solo lur!



Hay sahabat, btw gmana nih kabarnya? Sehat-sehat semua kan? Syukurlah kalo pade sehat semuanye, ehm kalo masram sendiri juga sehat kog dan tentunya tak lupa mengucap(dengan penuh semangat) “Alhamdulillah, Luar Biasa, Mantab!”.  Kale ni, masram akan sedikit berbagi cerita dari ranah penghujung timur Propinsi Jawa Tengah, yupz Kota Solo. Kemungkinan sudah gak asing lage kale kota ini buat masram, kan kota kelahiran gue yaaa walaupun gak di pusat kota lahirnya(Kab. Wonogiri-red) hehehe. Yukz kite mulai ceritanya. Ok Bray? Lanjut lah!

#1 Apa pikiran pertama Sobat ketika dengar kata SOLO?  


Pertama kali denger kota Solo apa coba yang terpikir dibenak sobat? (#ih masram kepo deh). Kalau boleh tebak nih pasti yang terpikir, Jokowi, Bakso, Pasar Klewer, Bengawan Solo, Sewu Kuto, Stasiun Balapan, Batik lan sakpiturute. Diantara sederetan ituh pasti yang masih nempel dibenak sobat adalah Jokowi. Yah, kemarin-kemarin ataupun sekarang juga masih terhembus musi Jokowi. Ketika ada kata Solo dapat diidentikan dengan Jokowi. Betapa tidak Bray, Mantan Walikota Solo yang sekarang menjabat Gubernur DKI ini memang acapkali menghiasi layar televisi dengan pemberitaan yang positif dan menarik hati semua kalangan masyarakat Indonesia(#ups gak promosi loh masram hehehe). Apapun yang sobat pikirkan tentang Kota Solo, yang jelas kota ini menyimpan beribu pesona sekaligus kearifan lokal yang luar biasa DAHSYAT!


"Masram lagi mau bercerita Dahsyat nih,
lanjutkan baca ya Sob, please hehehe" 


#2 Seperti apa sih Kota Solo itu? 


Kota Solo atau yang juga dikenal sebagai kota Kota Surakarta tuh merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang bersemboyan BERSERI alias Bersih, Sehat, Rapi dan Indah merupakan pusat dari Karisidenan Surakarta. Kota Solo tuh juga sangat merupakan kota kreatif loh, terbukti di bidang pariwisatanya, Kota Solo mengeluarkan slogan yang cetar membahana yakni Solo the Spirit of Java. 
Slogan ini tentunya dapat membangun citra Kota Solo sebagai central kebudayaan Jawa. Nah, gimana Sob, udah ada gambaran kan tentang Kota Solo? Untuk info lebih lanjut hubungi dokter, eh keliru maksudnya kunjungi ajah websitenya di http://surakarta.go.id/

#3 Kok panjang lebar, mana Nasi Liwetnya?  



Hehehe, udah pade laper yah?, sabar bin kalem ajah sobat, pasti semuanya kebagian rata, kebagian cerita nasi liwetnya maksudnya(#pis). Memang, Kota Solo adalah kota seribu pesona. Salah satu pesona yang sangat sayang jika ditinggalkan adalah Pesona Kuliner. Ya, makanan lezat, penuh gizi, dan mantab jos gandos namun tetap berbasis kearifan lokal adalah ciri khas kuliner dari kota PERSIS 1923 ini. Salah satunya nih yaitu Nasi Liwet. Nah, udah mau mule nih ceritan Nasi Liwetnya, yukz siapakan pikiran tenangkan hati, siapkan makanan cz ntar pasti bikin kabita.(Ih hayuk deh masram, banyak nayah nyeh nyoh sih, buruan cerita dong). Oke dah masram mulai nih ceritanya about Nasi Liwet dari Kota Solo.


#4 Seperti apa sih Nasi Liwet tuh? 


Nasi Liwet itu istimewa loh sobat, betapa tidak nasi ini sangat unik dan berbeda dari nasi lainnya. Nasi Liwet tuh nasi yang berasa gurih (dimasak dengan santan kelapa) yang disajikan dengan aneka sayuran seperti labu siam, suwiran ayam dan areh (semacam bubur guri dari kelapa). Biasanya nih, warga juga menyajikan menu ini untuk sarapan di tengah persawahan ketika musim garap sawah. Beuh, sensasinya men, luar biasa DAHSYAT!

"Ini loh Sob, salah satu cotoh sajian mantab Nasi Liwet Solo"  


#5 Bergizi ndak Nasi Liwet itu? 


Ngemeng-ngemeng masalah gizi, ehmz dapat dipastikan bahwa Nasi Liwet tu banyak gizinya Bray. Betapa tidak, jelas dong di nasinya ajah udah mengandung energi, protein , kalsium, fosfor dan zat besi. Belum lagi ditambah dari sayuran dan daging ayamnya. Beuh, pasti dach komplit 4 sehat dan jadi 5 sempurna jika ditambah minum susu murni asli Boyolali. Hehehe. Beside that, (beuh gaya masram) Nasi Liwet juga merupakan makanan pokok yang tentunya sangat mengenyangkan. Dalam artian tidak hanya sekadar camilan ataupun makanan ringan Bray. Hayo gamana, udah tau to gizi Nasi Liwet? Pengen coba buat???

#6 Kasih tau dong Resep buatnya? 


Kasih tau gak yaw?, Wani piro? Hehehe. Tenang ajah Bray, karena berbagi itu indah maka masram gak pelit kog buat ngeshare resepnya. Buat Nasi Liwet tuh gak susah-susah banget kog, gak perlu nyontek, yang penting niat dan tulus dan usahanya (#ups seperti mau UN ajah). Nih dia, cikidot resep Nasi Liwet Sobat.
Bahan:
- 400 gr beras, cuci
- 700 ml santan dari ½ butir kelapa
- 2 lembar pandan
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, dimemarkan
- ½ sdt garam
Ayam Areh
Bahan:
- 1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian
- 1 sdt ketumbar halus
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt garam
- 2 sdm gula merah
- 2 gelas air kelapa
Bumbu Halus :
- 4 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 3 butir kemiri
- 3 cm lengkuas
- ½ sdt terasi
Areh :
- 1 gelas santan kental dr ½ butir kelapa
- 3 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas, memarkan
- ½ sdt garam
Sayur Labu Siam
Bahan :
- 1 buah labu siam, kupas dan potong-potong sebesar batang korek api
- 3 cm lengkuas memarkan
- 2 lembar daun jeruk purut
- 2 lembar daun salam
- 2 gelas santan dari ¼ butir kelapa
- garam dan gula secukupnya
Bumbu Halus :
- 2 sdm minyak
- 3 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah
- 2 buah cabai merah, buang biji
Telur Pindang :
Bahan :
- 6 butir telur
- 1 genggam kulit bawang merah
- 3 cm lengkuas memarkan
- 2 lembar daun salam
- 1 sdt garam
- 1 gelas air
Cara membuatnya nih Sobat :
- Masak beras dan semua bahan dalam panci sampai santan mengering.
- Tutup panci dan api dikecilkan. Masak selama 20 menit. Angkat dari api.
- Biarkan panci tertutup selama 30 menit lagi sampai nasi matang.
Ayam Areh :
- Ayam dibaluri dengan bumbu halus.
- Masak dengan sisa bahan lainnya sampai ayam empuk, Angkat. Sajikan dengan siraman areh.
- Areh : masak semua bahan sampai masak dan kental.
Sayur labu Siam :
- Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
- Masukkan labu siam dan sisa bahan. Aduk-aduk, masak sampai labu matang.
Telur Pindang :
- Masak telur bersama bahan-bahan lainnya dengan api kecil sampai telur matang dan kulit kecoklatan.

- Angkat. Retakkan kulit telur. Rebus lagi sebentar. Dan tentunya kupas kulit telurnya Sob. 

Nah yang terakhir yaitu, sajikanlah Nasi Liwet dengan Ayam Areh, Sayur Labu Siam, Telur Pindang. Dijamin dah rasanya pasti manteb dan Dahsyat! Gmana gampang kan Bray, cara biki Nasi Liwet. Sok atuh, geura dipraktekkeun. Kan kata orang pintar, ilmu tuh kala gak dipraktekkin yang gak akan jadi kenyataan. Begitu pula dengan resep di atas, kalau gak segera dipraktekin dijamin gak akan jadi hidangan Nasi Liwet Mantab dan kaya akan gizi. Hehehe.



Sampai di sini dulu yah masram berceritanya, ntar kalau lama-lama bisa jadi novel dong. Kwkwkwk. Oh iya, artikel ini masram buat dalam rangka berpartisipasi di Lomba Blog Jelajah Gizi 2.  yang diadain oleh Sari Husada. Hadiahnya manteb loh, 10 Pemenang akan diajak jalan-jalan menelusuri kepulauan seribu. Mantab kan? Do’akan masram biar menang yah, Amin. Sahabat semua juga bisa ikut kog, nih saya sertakan bannernya dibawah postingan ini. Atau info lebih lanjutnya sahabat dapat langung kunjungi Website http://nutrisiuntukbangsa.org/. Good Luck yah! 



Untuk ikutan juga,
klik url ini yah http://nutrisiuntukbangsa.org/jelajah-gizi-2-2/.


Ref:




Senin, 20 Mei 2013

Pelan-Pelan, Mau ada UAS!


  
Hy kawan, kabarnya ni ye?. Mantab jos gandos kan, apalagi bentar lagi bagi ente pade yang kuliah kan mau minggu tenang dan pastinyo libur dech dua minggu. So pasti dech seru bangetz. Eitzhs, tapi ingat yaw jangan sampai terlalu lebay terbawa arus hedonisme minggu tenang(beuh berat banget bahasa masram nih). Hehehe Kan habis liburan nih kita semua akan menghadapi grand final semester genap, yakz bukan sulap bukan sihir UAS itu namanya. Ujian satu kali ini bisa dikatakan titik pamungkas kita di medan pertempuran semester genap ini. Betapa tidak, ini adalah kesempatan terakhir untuk kita memperbaiki nilai agar IP (yang katenye indikator kuat keberhasilan belajar tuh) semakin terdongkrak bagus bray. Tidak bisa diumpetin, bahwa bagi mayoritas mahasiswa sekarang, UAS menjadi suatu peristiwa (atau bahasa komentator bola tuh momok) yang membuat riweuh atau istilah lainnya grusa-grusu (masih gak ngerti, bikin apa yah susah untuk diungkapkan hehehe). Udah pasti dapet ditebak penyebabnya, kebanyakan kite sekarang menerapkan pola belajar klasik Sistem Kebut Semalam ngetrend dengan nama SKS, duh aduh secara gitu loh 2013 gini pola kayak gituh masa diemban, gak musim kalie. (ada yang ngeyel, musim kali juga Masram, kwkwkwk). 



Hehehe. Padahal gue sendiri masih ngiblat SKS juga bray. #lho-lho curcol malahan pis.
Okelah, agar semuanya enak dan nyaman waktu ngehadepin yang namanya UAS. Nih masram berbagi tips dari College Cures, Rabu (30/5/2012), (hasil searching juga di internet Bray) tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Mulai dengan satu mata kuliah

Ketimbang duduk di sudut kamar, menangis, dan membuat daftar yang harus kamu lakukan untuk tiap mata kuliah, lakukanlah hal itu satu per satu. 

Cek kembali silabus kuliahmu dan lihat bab mana saja yang sudah dibahas di kelas, tugas yang sudah dikerjakan, dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengejar ketinggalan pelajaranmu di kelas. Kemudian, kumpulkan materi kuliahmu, termasuk tugas, kuis, dan ujian yang sudah kamu lalui. Lalu, mulailah merinci materi-materi tersebut; apa yang sudah diujikan, dan materi apa yang akan keluar dalam UAS-mu.

Ketika kamu sudah mengetahui perkiraan materi yang akan diujikan, maka kamu akan bisa membuat rencana studi terkait materi tersebut. Kamu bisa juga mencari tahu apakah dosenmu akan menggunakan pertanyaan-pertanyaan dari kuis-kuis sebelumnya atau mengujikan materi yang disampaikan di kelas sebagai bahan ujian. 

Kumpulkan materi kuliahmu 

Jika ketinggalan pelajaran selama satu minggu, kamu bisa meminta materi tersebut kepada dosenmu. Atau, jika kamu meminjam catatan kuliah teman sekelasmu, pastikan kamu mengembalikannya jauh hari sebelum UAS dan tidak membebaninya.

Sebaliknya, jika ada teman yang meminjam materi pelajaran darimu, pastikan mereka mengembalikannya tepat waktu.

Buat jadwal belajar dan konsistenlah 

Jika kamu tipe pelajar teratur, tetapi tidak pernah mengikuti jadwalmu, maka ini saatnya kamu mematuhi rencana belajar yang telah kamu buat. 

Jangan sampai perhatianmu teralihkan dengan berbagai pesta atau rencana konser musisi top dunia yang sekarang sedang marak. Ingat saja, jika kamu belajar sekarang, kamu akan bisa santai setelah ujianmu berakhir. Kamu tidak akan tertekan dengan hasil ujian hanya karena merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri.

Ulangi langkah pertama 

Sekarang, setelah siap menghadapi UAS untuk satu mata kuliah, kamu bisa bersiap untuk mata kuliah lainnya. Lakukanlah langkah-langkah di atas untuk tiap mata kuliah yang kamu ambil.

Dengan merinci persiapan UAS untuk tiap mata kuliah ke dalam langkah-langkah kecil dan "memaksa" diri untuk teratur, kita akan menghadapi ujian dengan lebih mudah. Nah, gimana sekarang?. Udah siap UAS, Oke sobat good luck! Semoga berhasil menghadapi UAS. Masram do’ain dech, tapi jangan lupa do’akan juga Masram yah. #maksa sedikit. Hehehe
Amin.


Ref : http://kampus.okezone.com/read/2012/05/30/373/638314/yuk-bersiap-hadapi-uas

Minggu, 12 Mei 2013

DAFTAR KOMPETISI ILMIAH TERDEKAT EDISI MEI 2013




1. LKTI Nasional & SPOKEN 2013 - Dies Natalis ke-14 Fakultas Keperawatan Unair http://www.info-lomba.com/2013/05/lkti-nasional-spoken-2013-dies-natalis.html

2. Extracurricular Competition 2013 Se Palembanghttp://www.info-lomba.com/2013/05/extracurricular-competition-2013.html3. LKTI Nasional & SPOKEN 2013 - Dies Natalis ke-14 Fakultas Keperawatan Unair http://www.info-lomba.com/2013/05/lkti-nasional-spoken-2013-dies-natalis.html4. Stand Up comedy Islamic Education Expo (IEX) 2013 http://www.info-lomba.com/2013/05/stand-up-comedy-2013.html5. Lomba Eksperimen Sains http://www.info-lomba.com/2013/05/lomba-eksperimen-sains.html6. Lomba Esai Kehalalan Pangan - UB HFC 2013http://www.info-lomba.com/2013/05/lomba-esai-kehalalan-pangan-ub-hfc-2013.html7. BLOG COMPETITION 2013 (SEKOLAH DAMBAANKU) u/ smp dan SMA http://www.info-lomba.com/2013/05/blog-competition-2013-sekolah-dambaanku.html8. Lomba Cerpen Pekan Sastra 2013 by HIMPROBSI UNS http://www.info-lomba.com/2013/05/lomba-cerpen-pekan-sastra-2013.html9. Festival Remaja Sholeh (Fresh) VI by BDM UMhttp://www.info-lomba.com/2013/05/festival-remaja-sholeh-fresh-vi.html10. Kwik Kian Gie National Accounting Competiton (KWINATION) 2013 http://www.info-lomba.com/2013/05/kwik-kian-gie-national-accounting.htm  11. Education Fair 2013 : Lomba Menulis Esai

Djarum Indonesia Open,Konduktor Kader Prestatif Bulutangkis Indonesia!


Bulutangkis seakan-akan menjelma jadi bagian dari bangsa Indonesia. Cabang olahraga yang sering dikenal dengan sebutan badminton ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Betapa tidak, harapan prestasi gemilang di kancah internasional sangat terbuka lebar untuk Indonesia di perhelatan cabang olahraga ini. Jika ditilik dari sejarah, sejatinya bulutangkis bukanlah olahraga asli pribumi Indonesia. Banyak persepsi yang muncul bahwa ada kemungkinan bulutangkis berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa bulutangkis berasal dari India dan bahkan disebutkan dari Cina. Satu pendapat lagi menyebutkan bahwa nenek moyang bulutangkis diperkirakan berawal dari sebuah permainan Tionghoa “Jianzi” yang menggunakan kok tetapi tanpa menggunakan raket. Misi dari permainan ini adalah menjaga kok agar tidak menyentuh tanah tanpa menggunakan tangan. 
raket dan kok adalah komponen utama dalam olahraga badminton
img src: http://asal-usul07.blogspot.com 


Bulutangkis yang bersifat kompetitif sejatinya baru diciptakan abad ke-19 M oleh petugas tentara Britania di daerah Pune, India. Oleh karena itu pada awalnya permainan ini dikenal dengan nama Poona yang diambil dari nama daerah pune. Selepas bertugas di Pune, para tentara kembali ke Inggris dengan membawa permainan ini di tahun 1850-an. Olahraga ini mendapatkan namanya seperti yang sekarang pada tahun 1860 dalam sebuah pamflet dari Isaac Spratt yang berjudul “Badminton Battledore-a new game”. Isaac menuliskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris. Peraturan permainan badmonton yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Organisasi Badminton Internasional atau International Badminton Federeration (IBF) didirikam pada tahun 1934 mencatatkan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis sebagai anggota pelopornya. Bulutangkis menjadi olahraga Olimpiade Barcelona tahun 1992 yang mengantarkan Indonesia dan Korea sebagai peraih dua medali emas. Inilah catatat goresan prestasi Indonesia yang sangat memuaskan.
Organisasi bulutangkis resmi di Indonesia sendiri baru terbentuk pada 5 Mei 1951 di Bandung, Jawa Barat. Pergerakan menuju terbentuknya Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dimotori oleh Soedirman dan kawan-kawan setelah terbentuknya Persatuan Olah Raga Republik Indonesia (PORI). Pada tahun tersebut juga diadakan konggres PBSI pertama yang menghasilkan struktur kepengurusan dengan ketua umumnya A. Rochdi Partaatmadja.
Lambang dari PBSI 
img src: http://sport.detik.com 

Dalam perjalanannya, bulutangkis Indonesia menyimpan banyak kisah yang indah untuk dikenang. Sepuluh tahun selepas berdirinya PBSI, bulutangkis Indonesia mengalami era yang penuh prestatif. Tepatnya antara tahun 1960-an hingga 1970-an dapat dikatakan era kedigdayaan bulutangkis Indonesia. Era ini memunculkan legenda besar yakni Rudy Hartono Kurniawan. Namanya tercatat di Guinness Book of World Records sebagai pemegang rekor All-England. Pria yang lebih akrab dengan nama Rudy Hartono ini menjuarai 8 kali di All England dan t diantaranya direbut secara berturut-turut belum bisa terpecahkan oleh siapapun. Sementara itu tim ganda putra Indonesia, Tjuntjun/Johan Wahjudi merebut juara ganda outra selama 6 kali. Prestasi tersebut serupa dengan rekor yang dicetak oleh Fin Kobbero/Poul Erik Nielsen dari Denmark. 

Rudy Hartono, pemegang rekor All-England dan 

tercatat di Guinness Book of World Records
img src: http://loversbulutangki.blogspot.com


Di tahun 1980-an, munculah kekuatan baru dari China yang mulai memberikan saingan. Di kejuaraan All- England Indonesia hanya menjadi juara di tahun 1981, yakni Liem Swie King. Sisanya didominasi oleh perwakilan Denmark dan China. Begitupun diajang Thomas dan Uber Cup. Awal tahun 1990-an, Indonesia mulai bangkit bak bangunnya macan tidur. Tim Indonesia meraih juara di piala Thomas 5 kali berturut-turut yakni di tahun 1994, 1996, 2000, dan 2002. Di kejuaraan All-England, Indonesia juara tiga kali yakni Ardi Wiranata (1991) dan Haryanto Arbi (1993 dan 1994). Sedangkan di piala Uber, Indonesia menang dua kali pada tahun 1994 dan 1996.
Fluktuatif. Yah, kata serapan itulah yang mungkin cocok untuk menggambarkan kondisi Bulutangkis Indonesia di awal tahu 2000-an. Macan Asia ini seakan lemah lunglai kekurangan amunisi dalam perhelatan bulutangkis. Sejak tahun 2004 hingga 2012, Indonesia belum pernah lagi meraih juara Thomas dan Uber dan All England pun tjuga belum pernah diraih lagi. Di tahun 2012, Indonesia bahkan tidak masuk semi-final setelah ditumbangkan oleh Jepang diajang Thomas Cup. Catatan tersebut sekaligus memunculkan rekor baru yakni pertama kalinya Indonesia tidak masuk semi final di ajang bergengsi tersebut.


ilustrasi menurunnya prestasi bulutangkis Indonesia 

img src: http://www.ceritamu.com/cerita/ada
-apa-dengan-bulutangkis-indonesia

Masyarakat pada umumnya bertanya-tanya, sejatinya apa penyebab kemunduran ini? Lalu, siapakah yang harus bertanggungjawab? Ya, memang tidak salah mencari-cari tahu penyebab suatu permasalahan dengan catatan selepas diketahui akar permasalahannya seketika itu pula dicarikan solusi tepat. Cuap-cuap insidental muncul yang menyebutkan ada beberapa faktor penyebabnya seperti masalah sistem kepengurusan, fasilitas dan regenerasi.
Solusi yang sekiranya tepat dan mantab yaitu menyiapkan generasi-generasi unggul Indonesia di bidang bulutangkis. Dengan terus terciptanya generasi handal baru, kedepannya Indonesia tak akan kekurangan amunisi dalam mempertahankan tahta bulutangkis dunia.
Salah satu bagian dari kekuatan industri Indonesia yang patut diacungi jempol adalah PT. Djarum. Melalui Djarum Foundation yang berpegang teguh pada filosopi “Lahir dari Dalam dan Berkembang Bersama Lingkungan”, PT Djarum telah melakukan berbagai program dan kegiatan yang membawa kebermanfaatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

PT. Djarum merupakan kekuatan industri yang 
berdedikasi tinggi guna kemajuan bulutangkis Indonesia 
img src: http://copasloker.blogspot.com 

Perhatian khusus juga diberikan PT. Djarum dalam perkembangan olahraga nasional melalui Bakti Olahraga Djarum Foubdation. Di bidang bulutungakis, PT. Djarum mendirikan PB Djarum pada 1969. Para atlet PB Djarum turut memberikan prestasi dengan merebut trofi bergengsi dunia seperti Olimpiade, All England, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, Thomas dan Uber. Kini dedikasi tersebut berlanjut pada pemberian Djarum Beasiswa Bulutangkis yang memberikan fasilitas bagi atlet muda berprestasi guna meningkatkan kembali prestasi Indonesia di kancah bulutakis dunia.
Dalam rangka memberikan kesempatan anak bangsa dalam menorehkan prestasi, PT. Djarum mendukung penuh jalannya Indonesia Open. Awalnya, kompetisi ini digagas oleh PBSI dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1982. Kejuaraan ini terus bergulir hingga pada tahun 2007, Indonesia Open masuk kedalam jajaran Super Series yang notabene hanya terselenggara oleh 12 negara saja di dunia.

Djarum Indonesia Open 2012 adalah kompetisi bulutangkis terbaik 
pada tahun 2012 
img src: http://rajakarcis.com

Di tahun 2012 kemarin, BWF bahkan menyatakan bahwa Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 adalah yang terbaik pada tahun tersebut. Even yang berhadiah total 650 ribu dolar AS ini berhasil memadukan pertunjukan olahraga terbaik dengan hiburan. Even lainnya yang sudah digelar pada 2012 adalah Korea Open Super Series Premier, Malaysia Super Series Premier, All England Super Series Premier, dan India Super Series. Namun tetap, ditahun 2012 yang terbaik adalah DIO Super Series Premier. Purnama Juni mendatang, perhelatan perang raket dalam tajuk Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013 akan kembali menggelegar cetar membahanakn bumi pertiwi. Kompetisi ini akan dihelat di Jakarta. Even yang merebutkan total hadiah 700 ribu dolar AS ini dapat dipastikan akan diramaikan pesohor bultangkis dunia. Begitupun dengan Indonesia, target menang penuh di kandang adalah harga mati guna membuka lebar senyum sang bumi pertiwi. Salah satu perwakilan Indonesia yaitu Taufik Hidayat. Ya, pemain bintang Indonesia yang telah berencana menutup karier bulutangkisnya pada DIO Super Series Primier 2013 nanti. Semoga harapan menang di kandang pertengahan juni nanti dapat terwujud dan tentunya menambah catatan prestasi Indonesia. 
Dalam perhelatan DIO, terdapat beberapa pihak yang sangat membantu sekaligus menyokong kelancaran kompetisi tersebut. Salah satunya yaitu blibli.com. Situs ini merupakan situs jual beli yang serba ada, mudah dan aman untuk digunakan. Segala kebutuhan yang diperlukan dalam keseharian tersedia dan tergambar jelas oleh blibli.com. Termasuk pula alat-alat bulutangkis seperti raketkok , dan jersey. Tentu saja, semua ini hanya bertujuan untuk mempermudah sekaligus memuaskan konsumen.  

blibli.com adalah situs penjualan online
yang lengkap, mudah dan berkualitas
img src: www.bibli.com 

Inilah suatu bentuk dedikasi dan bakti yang luar biasa dari berbagai pihak untuk kemajuan prestasi bulutangkis Indonesia. Harapannya sinergitas kuat ini terus berlanjut dan bertambah kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga pada akhirnya, macan asia yang sempat tertidur ini bangkit lagi dan meraung merontokkan taring lawan. Bravo Bulutangkis Indonesia!

Dukung badminton sebagai kebanggan bangsa!


Referensi: