Kamis, 07 Maret 2013

UKM LEPPIM UPI Adakan YRT



Bandung- Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (LEPPIM) Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan Young Researcher’s Training (YRT) yang dilaksanakan pada Jum’at – Minggu, 1-3 Maret 2013. Bertempat di Kampus UPI Bumi Siliwangi dan Komplek PTPN VIII Malabar, YRT diikuti sebanyak 24 Calon Anggota Muda LEPPIM UPI 2013. Dalam serangkaian acara YRT, peserta dibekali tentang seluk-beluk penelitian dan mempraktekannya secara langsung di lapangan. Setelah peserta melakukan penelitian, selanjutnya yaitu peserta dipersilahkan memaparkan karya ilmiahnya dalam kesempatan yang bertajuk Presentasi Karya Ilmiah CAM LEPPIM UPI 2013.
Dalam presentasi ini, peserta dipersilahkan mempresentasikan karyanya dan diuji oleh empat penguji. Penguji memberikan komentar dan tak segan-segan memberikan kritik pedas guna perbaikan kualitas karya ilmiah peserta YRT. Ketua Pelaksana yang diwakili oleh Agus Ramelan sebagai staf acara mengatakan bahwa YRT merupakan puncak acara pengkaderan yang ada di LEPPIM, dengan tema Bersama LEPPIM UPI Jadilah Peneliti Muda Untuk Bangsa, sudah pasti bahwa YRT bertujuan untuk mencetak kader-keder peneliti muda yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar dan hilirnya berimbas pada percepatan pembangunan bangsa. Direktur LEPPIM UPI, Annisatul Munawarah mengapresiasi segenap panitia atas terselenggaranya YRT dan juga keseriusan peserta dalam mengikuti serangkain acara.
“Saya sangat mengapresiasi panitia atas terselenggaranya YRT 2013 dan juga peserta yang telah serius mengikutinya. YRT ini bukan hanya saja acara pengkaderan, namun YRT juga merupakan wadah untuk mengembangkan kapabilitas dalam hal keilmiahan khususnya penelitian. Saya berharap, minat peserta YRT tidak luntur kedepannya, bersama LEPPIM tentunya mereka diharapkan terus untuk berkarya” Tutur Anis.
Menurut Annisatul, Selepas YRT akan diadakan rekapitulasi nilai seluruh calon anggota muda guna menentukan kelulusan. Namun bukan berarti, mereka yang tidak lulus tidak dapat belajar bersama di LEPPIM, mengingat batasan mahasiswa untuk terus berkarya di bidang keilmiahan tidak harus tergabung di UKM LEPPIM. LEPPIM sendiri telah memfasilitasi mahasiswa dalam sebuah Kajian Ilmiah yang rutin diagendakan tiap pekan sekali. 
Di akhir acara, seluruh peserta CAM 2013 dilantik melalui upacara sakral yang dikomandani secara langsung oleh Direktur LEPPIM tahun 2012. Penyematan simbolis sebagai tanda kelulusan CAM diwakili oleh perwakilan CAM dan disematkan juga oleh direktur. Seluruh peserta merasa lega dan mempunyai kebanggan tersendiri telah menjadi bagian dari UKM yang bergerak di bidang keilmiahan itu. 
"Saya merasa senang telah mendapatkan keluarga yang solid seperti ini, awalnya sifat gue yang acuh tak acuh dan cuek seketika berubah ketika mengikuti YRT, InsyaAllah saya akan terus loyal dan berkarya bersama LEPPIM UPI" tutur Widi (salah satu peserta YRT).

0 Komentar:

Posting Komentar