Jumat, 25 Januari 2013

Selebrasi Gelandang Ghana: 'Allah is Great'


REPUBLIKA.CO.ID, PORT ELIZABETH--Tim nasional (timnas) Ghana berhasil meraih kemenangan pertamanya di ajang Piala Afrika 2013. Gelandang sayap, Wakaso Mubarak, menjadi pahlawan kemenangan skuat Black Stars atas Mali, Kamis (24/1).

Wakaso mencetak satu-satunya gol kemenangan Ghana dalam pertandingan di Stadion Nelson Mandela Bay. Pemain yang memperkuat Espanyol itu sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo titik putih. Selepas mencetak gol, Wakaso melakukan selebrasi untuk mengucapkan rasa syukurnya. Ia membuka sebagian jersey-nya untuk menunjukkan tulisan "Allah Is Great" (Allah Maha Besar).


Pada menit ke-37, wasit menunjuk titik putih setelah bek Mali menjatuhkan Agyemang Badu di kotak terlarang. Wakaso dipercaya sebagai eksekutor. Tendangan kaki kiri pemain berusia 22 tahun itu tidak mampu dibendung kiper Mali, Mamadou Samassa. Berkat Wakaso, Ghana mampu mengamankan poin sempurna dalam pertandingan itu.

Wakaso pantas bersyukur bisa menjalankan tugasnya dalam laga itu. Raihan kemenangan mampu membawa Ghana menjadi pemuncak klasemen sementara Grup B. Skuat the Black Stars mengemas empat poin dalam dua pertandingan. Tim besutan pelatih Kwesi Appiah makin membuka peluang untuk meloloskan diri ke babak berikutnya.

Sayangnya, selebrasi Wakaso dalam pertandingan itu membuatnya terkena kartu kuning. Itu merupakan kartu kuning kedua Wakaso dalam turnamen ini. Akibatnya, pemain yang memulai karier profesionalnya bersama Ashanti Gold itu tidak dapat bermain pada laga penutup the Black Stars di babak grup. Wakaso akan absen dalam pertandingan krusial melawan Niger.

Wakaso merupakan salah satu pemain muda potensial Ghana saat ini. Sosok pemain kelahiran Tamale itu mulai mendapat perhatian pelatih timnas Ghana senior berkat performanya bersama Villarreal musim lalu. Ia memulai debutnya di timnas pada Oktober 2012 dalam laga melawan Malawi. Hingga saat ini, ia sudah bermain dalam enam laga dan menyumbangkan tiga gol. Wakaso sebelumnya sempat menjadi bagian skuat Ghana U-17.
Redaktur: Endah Hapsari
Reporter: Irfan Fitrat

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID, 

0 Komentar:

Posting Komentar