Saturday, January 26, 2013

Perginya Sang Putra Fajar (Part I)


Dikutip dari Buku “SOEKARNO Biografi Singkat 1901-1970” (Taufik Adi Susilo.2008.Yogyakarta:Garasi)

Jakarta, Selasa, 16 Juni 1970. Ruangan Intensif Care RSPAD Gatot Subroto dipenuhi tentara sejak pagi. Serdadu berseragam dan bersenjata lengkap bersiaga penuh di beberapa titik strategis rumah sakit tersebut. Tak kalah banyaknya, petugas keamanan berpakaian preman juga hilir mudik di koridor rumah sakit hingga pelataran parkir. Sedari pagi, suasana mencekam sudah terasa. Kabar yang berhembus mengatakan, mantan Presiden Soekarno akan dibawa ke rumah sakit ini dari rumah tahanannya di Wisma Yaso yang hanaya berjarak lima kilometer.

Friday, January 25, 2013

Selebrasi Gelandang Ghana: 'Allah is Great'


REPUBLIKA.CO.ID, PORT ELIZABETH--Tim nasional (timnas) Ghana berhasil meraih kemenangan pertamanya di ajang Piala Afrika 2013. Gelandang sayap, Wakaso Mubarak, menjadi pahlawan kemenangan skuat Black Stars atas Mali, Kamis (24/1).

Wakaso mencetak satu-satunya gol kemenangan Ghana dalam pertandingan di Stadion Nelson Mandela Bay. Pemain yang memperkuat Espanyol itu sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo titik putih. Selepas mencetak gol, Wakaso melakukan selebrasi untuk mengucapkan rasa syukurnya. Ia membuka sebagian jersey-nya untuk menunjukkan tulisan "Allah Is Great" (Allah Maha Besar).

PERSIS Solo, Sang Legendaris Sepak Bola Nusantara


Pasoepati.net - Persis Solo adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Klub ini didirikan pada tahun 1923 oleh Sastrosaksono.
Awal berdirinya tidak langsung menggunakan nama Persis Solo, melainkan masih bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB), semacam perserikatan sepak bola. Dan pada tahun 1928, Vorstenlandsche Voetbal Bond resmi berganti nama menjadi Persis Solo.
Saat ini klub Persis Solo berkandang di Stadion Manahan yang memiliki kapasitas hingga 35.000 penonton dan menjadikan stadion Sriwedari sebagai pusat latihan tim.

Wednesday, January 23, 2013

Pasang Iklan

Blog Masramdahsyat membuka kesempatan pada para advertiser untuk memasang iklan di blog ini dalam bentuk banner dengan berbagai macam ukuran yang bisa anda pilih, ukuran banner menentukan tarif iklan. Tarif pemasangan mulai dari Rp. 20.000,-/bulan. Info lebih lanjut Hub. 085722835221.  

Srihana-Srihani: Biografi Hartini Sukarno

Judul Buku : Srihana-Srihani: Biografi Hartini Sukarno
Penerbit : Ombak, Yogyakarta
Tahun terbit : Maret, 2009
Penulis : Arifin Suryo Nugroho
Kata Pengantar : Dr. Anhar Gonggong

Srihana-Srihani: Sepenggal Kisah Cinta Sukarno-Hartini
Kisah cinta Sukarno dengan Hartini, memang lain. Situasi negara sudah berubah. Indonesia sudah merdeka. Sukarno sudah menjadi penguasa tertinggi di negara ini. Pandangan pertama di rumah Wali Kota Salatiga begitu mengesankan Sukarno. Sukarno telah menemukan kekasih di kota kecil nan sejuk itu. Hartini telah membuka lembaran di hati Sukarno. Sesampainya di Jakarta, Sukarno menulis surat kepada Hartini yang berada di Salatiga.

Mengenang The First Lady


Sumber: Koran Jakarta, Rabu, 02 Jun 2010
Judul Fatmawati Sukarno; The First Lady
Penulis Arifin Suryo Nugroho Penerbit Ombak, Yogyakarta
Tahun I, 2010
Tebal xx + 278 halaman
Harga Rp 60.000
Sang Dwiwarna, Merah Putih, merupakan bendera Indonesia yang mengidentitaskan kebang-sanegaraannya. Lebih dari itu, bendera yang bermakna semiotik-filosofis berani dan suci itu menjadi sebuah lambang kebanggaan warga negara Indonesia. Sejarah kemerdekaan Indonesia pun terukir di balik warna merah dan putih tersebut. Sejarah kemerdekaan Indonesia tecermin pula pada penjanjian bendera pusaka tersebut.

Sunday, January 20, 2013

Kisah Kusak Air!



Air merupakan sumber kehidupan utama bagi manusia. Betapa tidak, tengok saja unsur utama penyusun tubuh manusia yang notabene 70% adalah air. Dalam dunia kimia air merupakan senyawa kimia H2O yang terdiri dari Hidrogen adan Oksigen.  Kedua senyawa pembentuk air ini merupakan kebutuhan mendasar bagi seluruh kehidupan di bumi. Struktur fisik bumi telah menyediakan proporsi air yang lebih dibandingkan dengan komponen lainnya. Permukaan bumi terdiri dari 71%diantaranya adalah air, sehingga ketika kita mengamati potret satelit bumi maka bumi akan terlihat biru. Proporsi air di Bumi 96% merupakan air asindan sisanya air tawar.

Saturday, January 19, 2013

3 Idiots, Film Penuh Inspirasi



Tak sengaja ketika bongkar-bongkar file di lepi kutemukan memoriam akan sebuah lagu. Sangat menyentuh dan mengintakan akan sebuah mimpi besar di tiga tahun yang lalu. Ehmz, ya lagu itu adalah Give Me Some Sunshine, OST. Film kondang dari ranah Bollywood, 3 Idiots. Betapa tidak, waktu itu ku berambisi untuk masuk institut teknik yang terkenal di seantereo Indonesia. Dan tepat kala semalam menjelang tes saya beserta satu rekan karib, diputerkan film penuh inspiratif 3 Idiots. Benar kata kakak tingkat saya, film ini bisa dijadikan suplemen motivsi bagi calon dan mahasiswa teknik.

Friday, January 18, 2013

Campursari, Stasiun Balapan



Lagu Stasiun Balapan, ya siapa sih belum pernah mendengar lagu campursari ini. Bukan hanya penduduk ranah jawa saja yang demen akan lagu ini, namun seantereo Indonesia pun merasa adem ayem tentrem ketika menikmati lantunan tembang nya. Sungguh, karya kearifan lokal yang dahsyat membahana. Di lain sisi semua masyarakat Indonesia juga sudah pasti tau siapa dibalik lagu Stasiun Balapan. Ya, Beliau adalah Didi Kempot. Beliau lahir di Surakarta (Solo), 31 Desember 1966. Didi Kempot merupakan putra dari pelawak kondang asal Solo, Alm. Ranto Edi Gudel yang lebih dikenal dengan panggilan Mbah Ranto.

Monday, January 14, 2013

Di mana Letak Kesadaran Itu?



Bangsa kita sejak dulu sudah dikenal sebagai bangsa yang beradab dan beretika tinggi. Ya, sudah tak diragukan lagi masalah kesopanan ini di negeri tercita Indonesia. Namun, cobalah kita tengok ke masalah “kesadaran” penduduk kita. Sampelnya mudah saja, coba jalan-jalan saja dengan radius 5 km di belantaran kota. Amati berapa rambu-rambu atau papan larangan yang kita jumpai. Saya yakin, lebih dari sepuluh papan larangan yang kita jumpai.

Wednesday, January 2, 2013

UAS, Siapa Takut!



Hy kawan, gimana liburannya?. Mantab kan, apalagi di akhir liburan berbarengan denga perayaan tahun baru. So pasti dech seru bangetz. Eitzhs, tapi ingat yaw jangan sampai terlalu lebay terbawa arus hedonisme dunia. Hehehe Kan habis liburan nih kita semua akan menghadapi grand final semester ganjil, yakz UAS itu namanya. Ujian satu kali ini bisa dikatakan titik pamungkas kita di pertempuran semester ganjil ini. Betapa tidak, ini adalah kesempatan terakhir untuk kita memperbaiki nilai agar IP semakin terdongkrak bagus bray. Tidak bisa diumpetin, bahwa bagi mayoritas mahasiswa sekarang, UAS menjadi suatu peristiwa yang membuat riweuh atau istilah lainnya grusa-grusu. Udah pasti pentebabnya, kebanyakan kite sekarang menerapkan pola belajar klasik Sistem Kebut Semalam, duh aduh secara gitu loh 2013 gini pola kayak gituh masa diemban, gak musim kalie.

Angkringan, Modal Ringan tapi Menjanjikan!



Dewasa ini selera masyarakat terhadap masakan tradisional semakin meningkat. Hal ini disebabkan cita rasa makanan daerah yang khas dan unik maupun kesadaran masyarakat unntuk melestarikan menu masakan daerah. Angkringan merupakan lapak khas daerah solo dan yogyakarta. Angkringan, banyak orang memandang sebelah mata dengan jenis usaha ini. Mungkin karena pembawaannya yang terkesan hanya untuk golongan ekonomi menengah ke bawah. Kadang juga ada yang mempertanyakan apa untungnya membuka usaha angkringan. Justru penulis melihat usaha ini jauh lebih prospektif dibanding usaha sejenis (makanan).

Tuesday, January 1, 2013

Cukupkah Hanya Sebatas Mimpi Awal Tahun?


Kecil di manja, Muda Penuh Karya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga”. Hayo, siapa sih yang nolak semboyan itu, ane yakin dah semua orang mendambakan hal tersebut. Namun, apakah hanya sekadar dambaan saja? Atau bahkan kamu-kamu anggap itu “mustahil” terjadi dengan kondisinu sekarang ini?. 
Apalagi nih di awal tahun, pasti semuanya punya mimpi besar atau sering dikenal dengan Resolusi. Ngomong-ngomong apa resolusi sobat buat tahun 2013?. Baiklah apa pun itu semoga cepat terwujud yaw. . . Amin.. Eh, inget lho Sob, kebanyakan orang sekarang resolusi atau mimpi awal tahun hanya tradisi belaka. Mereka biarkan mimpi itu berlalu begitu saja sampai tahun berikutnya datang. Hemz, rugi bangetz kan Bro and Sista. Lalu pertanyaannya, bisakah mimpi kita dengan pasti dapat diraih? ? ????

Resolusi Saya 2013!



Alhamdulillah, Puji Syukur kehadirat Allah SWT hamba masih diberikana kepercayaan untuk menikmati umur ini dengan penuh kasih sayang samapi detik ini. Mayoritas orang bereufhoria dengan malam pergantian tahun baru ini, mungkin mereka hanya terbawa iklim yang sudah menciptakan sebuah malam perayaan bukan malam muhasabah dan berdo’a akan resolusi tahun ke depan. Ya, ngomong-ngomong masalah resolusi sebetulnya saya menaruh banyak ekpetasi besar nan banyak di tahun 2013.