Tuesday, January 1, 2013

Cukupkah Hanya Sebatas Mimpi Awal Tahun?


Kecil di manja, Muda Penuh Karya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga”. Hayo, siapa sih yang nolak semboyan itu, ane yakin dah semua orang mendambakan hal tersebut. Namun, apakah hanya sekadar dambaan saja? Atau bahkan kamu-kamu anggap itu “mustahil” terjadi dengan kondisinu sekarang ini?. 
Apalagi nih di awal tahun, pasti semuanya punya mimpi besar atau sering dikenal dengan Resolusi. Ngomong-ngomong apa resolusi sobat buat tahun 2013?. Baiklah apa pun itu semoga cepat terwujud yaw. . . Amin.. Eh, inget lho Sob, kebanyakan orang sekarang resolusi atau mimpi awal tahun hanya tradisi belaka. Mereka biarkan mimpi itu berlalu begitu saja sampai tahun berikutnya datang. Hemz, rugi bangetz kan Bro and Sista. Lalu pertanyaannya, bisakah mimpi kita dengan pasti dapat diraih? ? ????

Ingat pesan Ust. Sanusi Bro, kalau kita mau dan penuh tekad, nothing impossible!. Tapi ingat juga kalau sukses itu tidak ujug – ujug datang di depan mata kita. Butuh proses yang panjang dan bahkan terjal untuk dapat meraihnya. So, diperlukan jiwa-jiwa pemberani dan konsisten untuk melalui proses tersebut. Seperti halnya jika kita mau mendaki gunung untuk mencapai puncak, akan terasa lebih jika kita melihat panduan/peta jalur pendakian ke puncak gunung tersebut. Begitu pula untuk mencapai kesuksesan, kita perlu melirik tips-tips untuk mencapainya dengan tujuan untuk lebih mempermudah jalan kita tentunya. Nah, ini ada beberap tips untuk mencapai kesuksesan, diantaranya sebagai berikut:
1.     Tumbuhkan motivasi yang kuat
Motivasi adalah pohon yang Anda siram dengan kedisiplinan diri” –pengembangandiri.com
Motivasi adalah poros utama untuk melakukan suatu tindakan. Motivasi sudah keharusan ditumbuhkan dari internal individu itu sendiri. Kita bisa  saja membaca ratusan buku atau pergi ke puluhan seminar untuk memperoleh suntikan motivasi, namun hal yang sering terjadi adalah kenaikan emosi sesaat untuk berubah. Barangkali ini bertahan satu atau dua minggu dan setelah itu kita merasa semuanya kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi yang lama.
Lalu, Bagaimana caranya supaya kita tetap termotivasi untuk bekerja mencapai tujuan yang diinginkan? Intinya motivasi adalah seni berkomunikasi dan berinteraksi dengan diri sendiri. Komunikasi ini melibatkan perasaan yang kitarasakan melalui emosi yang muncul.
2.    Konsisten dan Komitmen
Hal ini berhubungan dengan kebiasaan kita. Motivasi memerlukan kedisiplinan sehingga kita terbiasa hidup dengan motivasi. Ada ungkapan bagus yang mengatakan, “Sesuatu yang Anda ulangi tiap hari selama 21 hari akan menjadi kebiasaan”. Ungkapan tersebut tak ada salahnya kalau kita praktekkan. Mulai dengan hal yang sederhana seperti tersenyum dihadapan cermin, mengatakan “Yes” sebelum belajar, bekerja, dan banyak lagi.
3.    Bertanggung jawab
Di sini kita perlu seseorang yang bersedia mengingatkan agar tetap berada di tujuan. Seseorang tersebut bertugas memberikan dukungan dan menjadi mitra bertukar pikiran bagi ide dan gagasan yang kita punya. Dari sini kita akan merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik baginya. Proses mencapai tujuan menjadi lebih mudah dengan hadirnya seseorang yang menjadi cermin diri kita.
4.    . Berkumpulah  dengan orang-orang yang bervisi sama
Kalau kita mau menurunkan berat badan, pastikan kita bersama teman-teman yang mempunyai tujuan sama. Kalau kita ingin membangun bisnis, bertemanlah dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis atau mereka yang mau memulai bisnis. Kita bisa memperoleh energi dan motivasi dari mereka. Akan sangat mudah untuk termotivasi ketika kita memperoleh support. Apa yang kita rasakan sebagai rintangan ketika bekerja sendiri bisa teratasi dengan bantuan dan dukungan teman-teman yang bervisi sama.
5.    . Fokus pada proses, bukan tujuan
Ini yang sangat penting. Seringkali kita turun mental ketika dihadapkan pada kesulitan mencapai tujuan. Fokuslah pada proses. Setiap proses memerlukan waktu. Entah cepat, entah lambat. Tujuan kita sudah jelas, namun perjalanan menuju kesana bisa berliku dan naik turun. Dengan fokus pada proses kita terhindar dari beban mental karena sekarang kita memegang kendali atas proses itu sendiri, bukan dikendalikan oleh target untuk mencapai tujuan.
Sekarang kita lebih tahu bahwa motivasi merupakan kunci untuk meraih sukses. Yang kita perlukan sekarang adalah kemauan kuat untuk menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Seperti apa kata pepatah “Ada kemauan ada jalan”. Selamat mengerjakan dan jangan lupa hargai diri kita disetiap momen keberhasilan sekecil apapun itu.

No comments:
Write Komentar