Tuesday, July 17, 2012

SELF CONCEPT KUNCI UTAMA SUKSES

SELF CONCEPT KUNCI UTAMA SUKSES

Sobat Azhar, Di rubric ni ade yg dibahas mengenai cita2 kta smua lo!, Itu-tu kesuksesan?, So pasti kan Sobat ingin SUKSESSSS?, Lalu apa sich yang jadi kunci SUKSES?, Yukz dib ca SeLanjutnya?????
Orang yang sukses tentu saja orang yang beruntung(ni kate simbah, he? ) . Namun kesuksesan bukan berarti keberuntungan yang begitu saja tiba-tiba ada lo. Kesuksesan tentu saja diawali dengan ikhtiar.
Lalu, sebenarnya apa sich kunci utama kesuksesan itu? Ikhtiar? Do’a? Tawakal? Pantang menyerah? Berfikir positif? Memaknai kegagalan? Atou seabrek sikap serta kepribadian positif?
Semua itu memang merupakan kunci sukses. Tapi ada yang lebih important dari semua itu. Sesuatu yang menjadi tonggak utama tuk mencapai kesuksesan.Si Dia adalah self-concept atau kalo dalam bahasa kita adalah konsep diri.


Pandangan & Pikiranmu ke Kamu Sendiri
Sebelum kenalan sama definisi konsep diri, perlu kamu ketahui bahwasannya konsep dirimu merekam segala apa yang kamu ketahui tentang dirimu, serta semua hal yang kamu percayai.
Konsep dirimu mendahului dan memprediksi kinerja dan efektivitas apa pun yang kamu lakukan. Tingkah laku nyata alias aksi yang kamu lakukan akan selalu konsisten dengan konsaep diri yang terdapat dalam diri kamu. Oleh karena itu, segala perkembangan yang terjadi dalam kehidupanmu kudu kamu mulai dari perkembangan di dalam dirimu.
Konsep diri atau self-concept dalam bahasa sononya adalah pandangan dan perasaan kita terhadap diri kita sendiri. Konsep diri adalah apa saja yang kita pikirkan dan rasakan tentang diri kita.
Konsep diri bisa bersifat fisik, psikis, atau sosial. Kamu yang memandang dan merasa wajah kamu enggak cantik adalah contoh kamu yang punya konsep diri negatif berkaitan dengan fisik. Jika kamu enggak pede saat ujian gara-gara malas belajar, maka kamu punya konsep diri negatif berkaitan dengan psikis. Seorang anak pejabat tinggi merasa tenang-tenang aja distop polisi gara-gara melanggar lampu merah. Lain halnya, seorang tukang ojek buru-buru menyiapkan uang damai saat distop polisi gara-gara melanggar lampu merah. Dua yang terakhir ini merupakan contoh aplikasi konsep diri yang berkaitan dengan sosial.

Umum dan Khusus
Kamu punya konsep diri yang menyeluruh yang terdiri dari semua hal yang kamu percayai tentang kemampuanmu. Serangkaian kepercayaan ini terdiri dari semua pengalaman, semua keputusan yang pernah kamu ambil, semua keberhasilan, semua kegagalan, semua ide,berbagai informasi, emosi, dan pendapat tentang hidupmu sendiri sampai hari ini. Konsep diri umum ini nentuin gimana dan apa yang kamu pikirkan serta rasakan tentang dirimu, dan mengukur seberapa baik prestasimu secara umum.
Kamu juga punya serangkaian konsep diri khusus atau konsep diri mini. Berbagai konsep diri miniini bergabung dan membentuk konsep dirimu yang menyeluruh, seperti yang disinggung di atas.
Kamu punya sebuah konsep diri dalam setiap bagian hidup yang kamu anggap penting. Konsep diri mini inilah yang menentukan gimana kamu berpikir, ngerasain sesuatu or beraksi dalam bagian hidupmu itu.

Ubah Kepercayaanmu!
Kepercayaan terburuk yang mungkin kamu miliki adalah kepercayaan-kepercayaan yang bersifat membatasi dirimu sendiri, apa pun bentuknya. Kepercayaan yang termasuk jenis ini adalah apa yang kamu percayai tentang dirimu sendiri yang dapat bikin kamu merasa enggak mampu dalam satu bidang tertentu. Kepercayaan yang kayak gini jarang yang mengandung kebenaran. Namun, jika kamu menganggapnya sebagai sesuatu yang benar, apa yang kamu percayai itu akan menjadi kebenaran bagi dirimu, persis seperti jika hal itu memang benar. Bisa berabe, kan?
Titik awal proses pembebasan potensimu dan pencapaian prestasi yang lebih gedhe daripada yang pernah kamu hasilkan selama ini terjadi ketika kamu mempertanyakan kembali kepercayaan-kepercayaan kamu yang bersifat membatasi dirimu itu. Proses pembebasan itu kamu lakukan dengan cara membayangkan bahwa kepercayaan kamu itu, apa pun bentuknya, semuanya enggak bener. Bayangkan masa-masa ketika kamu nggak memiliki keterbatasan kemampuan. Bayangkan bahwa kamu dapat menjadi atau melakukan apapun yang benar-benar kamu inginkan dalam hidupmu!
Misal, bayangin kalo kamu dapat menjadi juara umum satu sekolah. Bayangin kamu dapat masuk perguruan tinggi faforit, dapat bea siswa kuliah gratis selamanya.
Bayangin bahwa kamu punya kemampuan untuk dapat menjadi yang terbaik dalam bidang yang kamu sukai. Bayangin bahwa kamu seseorang yang tenang, pede, dan nggak takut menjalani hidup ini. Inilah awal bagaimana kamu dapat mengubah cara berpikirmu dan kemudian memperbaiki hidupmu. Tapi ingat! Jangan Cuma ngebayangin aja. Wujudkan dengan tindakanmu.
Titik tolak penghapusan rasa takut dan pembebasan potensimu adalah dengan memprogram ulang sistem operasi mental kamu dengan memasukkan kepercayaan-kepercayaan atas diri dan masa depanmu yang lebih baik, positif, membangun, dan berani. Selamat berubah menjadi lebih baik!

 Azhar Memories (elFata-edisi 02 Vol.09-2009)

No comments:
Write Komentar