Senin, 30 Juli 2012

Langkah-langkah melakukan riset


Langkah-langkah Riset Menurut Pak Waw : 

1.       Temukan Masalah yang akan berbuah ke perumusan dan pembatasan masalah.
2.       Tentukan tujuan dengan berorientasi terdap masalah yang ditemukan.  Jika terdapat terdapat banyak tujuan harus saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
3.       Metodologi, yaitu bagaimana memecahkan masalah ataupun mencapi tujuan.
4.       Tinjauan pustaka/dasar teori. Bagian ini untuk menunjang riset kita, yaitu dengan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Landasan teori bukan hanya cuplikan pendapat para ahli, namun juda harus dijelaskan terhadap keterkaitannya dengan penelitian yang sedang dilakukan.
5.       Membuat alat pengumpul data
6.       Uji coba alat pengumpul data
7.       Pengumpulan data
8.       Analisis data1
9.       Hasil penelitian
10.   Kesimpulan
11.   Saran
12.   Manfaat penelitian

*)Faktor sukses penelitian: Semangat,  Pembimbing sangat membantu, Teman sejawat yang koorperatif, Data yang baik.

Dunia, Ku Takut Mati?


Dunia, Ku Takut Mati?
http://aldhyjie.blogspot.com/2010/04/takut.html
Mati, satu kata yang mebuat kebanyakan orang ogah untuk mendengar bahkan ada juga yang sangat berhati-hati untuk mengucapkan kata mati. Sebetulnya andaikat kita renungkan, mati identik dengan kata pulang. Legiatan pulang selalu dibarerengi rasa senang dan bahagia. Coba kita ingat kembali beberapa kejadian ketika kita pulang dari kampus, pulang sekolah, pulang kerja atau pulang belanja. Bagaimana perasaan kita? Sudah pasti senang, bahagia, sorak-sorai yang kita rasakan. Mengapa demikian?

Minggu, 22 Juli 2012

Lomba Artikel masramdahsyat.blogspot.com



Blog http://masramdahsyat.blogspot.com mempersembahkan:
Lomba Menulis Artikel
Peserta terbuka untuk Mahasiswa dan Umum
Biaya registrasi Rp 10.000 / karya
Hadiah :

-Juara 1 : Uang Tunai Rp. 115.000,- dan Sertifikat
-Juara 2 : Uang Tunai Rp.   95.000,- dan Sertifikat
-Juara 3 : Uang Tunai Rp.   75.000,- dan Sertifikat

Pendaftaran 22 Juli 2012 – 4 Agustus 2012
Pengumpulan 5 – 10 Agustus 2012
Pengumuman Pemenangn 12 Agustus 2012 melalui blog
http://masramdahsyat.blogspot.com
Hadiah Uang Tunai akan ditransfer dan Sertifikat dikirim via pos  

Ketentuan Lomba :
1. Artikel ditulis dengan tema “Ramadhan dan Prestasi”
2. Artikel yang dibuat merupakan karya sendiri, belum pernah dilombakan ataupun dipublikasikan.
3. Artikel tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

4. Format Artikel:
a. Font : Times News Roman
b. Font size : 12pt
c. Spasi : 1,5
d. Format : Ms. Word
e. Jumlah kata : maksimal 650 kata
f. Format Nama File: Masram_2012_Nama Peserta_Judul Artikel  
 
5. Peserta dapat mengirimkan artikel lebih dari satu dengan pembayaran registrasi sesuai jumlah  karya yang dikirimkan
6. Pengumpulan artikel melalui e-mail ke masramdahsyat@gmail.com atau agusramelan92@yahoo.co.id dengan melampirkan scan identitas atau lampiran biodata
7. Hasil karya peserta tetap menjadi hak milik peserta, namun wajib dimuat di blog http://masramdahsyat.blogspot.com
8. Keputusan Juri/Panitia tidak dapat diganggu gugat.
9. Jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, uang registrasi dan karya akan dikembalikan ke peserta.
Cara pendaftaran :

1. Ketik : Masram_2012_Nama Peserta_Nama Instansi 
Contoh : Masram_2012_ Ramelan_UPI
kirim ke 085293623633

2. Pembayaran uang registrasi ditransfer ke Bank BNI cabang UPI Bandung NO. REK. 0228315026 Atas Nama Agus Ramelan.  
 
3. Setelah transfer biaya registrasi, peserta wajib konfirm melalui sms dengan format: Masram_2012_Nama Peserta_Jumlah Transfer_Tanggal Transfer_Jam Transfer.
Info lebih lanjut Hubungi:

 Agus Ramelan
(Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Indonesia)
(HP: 085293623633, FB: Ajuz Ramelan, Twitter: @masramdahsyat)  

Rabu, 18 Juli 2012

Secercah Embun


Menghembus Awan Hitam!
“Halo, cen kamu cepet pulang ya sekarang, Bapak dirawat di rumah sakit ni” suara kakak dengan nada lesu campur tergesa-gesa. Akupun bergegas kemas-kemas barang di kosan dan langsung meluncur ke rumah sakit. Memang, di usia 50 tahun lebih ini Bapak sering terkena sakit yang lumayan serius. Misalnya darah tinggi, reumatik, dan bahkan stroke. Keluar masuk rumah sakit adalah hal yang wajar, sebelum yang sekarng ini Bapak udah dua kali di rawat inap. Prtama-tama biaya untuk berobat kurang bermasalah, namun semenjak Ibu berhenti bekerja untuk merawat Bapak, kami sngat kesulitan untuk biaya pengobatan. Ya mungkin hanya sekadar gali lobang tutup lobang.

Selasa, 17 Juli 2012

Raminad Grp.

Raminad Grp.

Kami ada untuk mengabdi
Kami muncul untuk menerjang
Kami terbang untuk melayang
Satu tekad, Satu angan, Satu karsa!

video

Logical is Being Loosed

Logical is Being Loosed

Pagi yang cerah. Matahari bersinar terang, bunga-bunga bermekaran, di kiri kanan jalan rumput-rumput hijau melambai lembut, seakan berbisik pada Ijah, “Deskripsi settingnya kayak cerita SD”. Gadis kelas XI itu melangkah cepat, pijakannya begitu mantap menuju gerbang sekolah. “Kamu lagi! Sudah berapa kali telat, kamu?” sapa Satpam sekolah Ijah ‘lembut’.

Sang Juara!

Sang Juara!

Suatu ketika, ada seorang anak yang mengikuti lomba balap mobil mainan. Suasana sungguh meriah siang itu, sebab ini adalah babak final. Hanya tersisa 4 orang sekarang, dan masing-masing dari mereka menunjukkan mobil mainan yang mereka miliki. Semuanya buatan sendiri, sebab memang begitulah peraturannya.
Ada seorang anak bernama Mark, mobilnya tak istimewa, tapi ia termasuk dalam 4 finalis. Dibanding semua lawannya, mobil Mark lah yang paling tak sempurna. Beberapa orang menyangsikan kekuatan mobil itu untuk melawan mobil lainnya.

PosiTive tHinkinG…!!!

PosiTive tHinkinG…!!!

Kalau kita memandang diri kita kecil, maka begitulah kita...
Kalau kita memandang diri kita besar, maka begitulah kita…

Anjuran menanamkan pikiran positif dalam diri kita sering kita dengar dari mereka yang menjadi tempat buat kita mintai sarannya. Mungkin, kita bakal ngomong begini, “Ngomongnya gampang!” pada mereka, menunjukkan kemampuan mengeluh kita (be a whiner) lebih besar dari kemampuan memenangkan kita (be a winner). Tapi, sebenarnya anjuran “pasaran” yang familiar itu sebenarnya manjur banget, dan merupakan rahasia keberhasilan yang dicapai banyak tokoh.

SELF CONCEPT KUNCI UTAMA SUKSES

SELF CONCEPT KUNCI UTAMA SUKSES

Sobat Azhar, Di rubric ni ade yg dibahas mengenai cita2 kta smua lo!, Itu-tu kesuksesan?, So pasti kan Sobat ingin SUKSESSSS?, Lalu apa sich yang jadi kunci SUKSES?, Yukz dib ca SeLanjutnya?????
Orang yang sukses tentu saja orang yang beruntung(ni kate simbah, he? ) . Namun kesuksesan bukan berarti keberuntungan yang begitu saja tiba-tiba ada lo. Kesuksesan tentu saja diawali dengan ikhtiar.
Lalu, sebenarnya apa sich kunci utama kesuksesan itu? Ikhtiar? Do’a? Tawakal? Pantang menyerah? Berfikir positif? Memaknai kegagalan? Atou seabrek sikap serta kepribadian positif?
Semua itu memang merupakan kunci sukses. Tapi ada yang lebih important dari semua itu. Sesuatu yang menjadi tonggak utama tuk mencapai kesuksesan.Si Dia adalah self-concept atau kalo dalam bahasa kita adalah konsep diri.

Rencana Allah Pasti Indah

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah:216)

Kemarahan adalah Sifat Terburuk

Kemarahan adalah Sifat Terburuk
Seorang mukmin menertibkan dirinya sendiri; dia mengkritik dan menilai hanya untuk kepentingan Tuhan. Penghitungan akhir (hisab) bisa menjadi ringan pada

Senin, 16 Juli 2012

Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok

Hai sobat azhar, di rubric plus2 nie ada tips2 stop smoking? ,sbat ingin teu?, ikut yukz!
Berhenti merokok memang sulit, apalagi jika sudah kecanduan. Walau begitu,bukan berarti Sobat tak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini. Cobalah tips berikut, yang sebenarnya merupakan pengalaman seorang mantan perokok. Jurus berhenti merokok yang satu ini, dilakukan secara bertahap. Dari hari kehari, ia mengurangi jumlah rokok yang diisap, hingga akhirnya ia samasekali berpisah dengan batang-batang rokok. Namun, seperti jurus berhentimerokok yang diterapkan banyak orang lainnya, tekad yang kuat tetapmerupakan modal utama. Seperti apa tahap-tahap yang ia lakukan, simak yang berikut:* Siapkan batin, bulatkan tekad untuk berhenti merokok.

Tak Selamanya Kawan adalah Kawan!

http://rendra-zone.blogspot.com
Kesehatan tubuh manusia tak terpisahkan dari peranan dua hal ini. Namun sakit akan mendera tubuh manusia jika dua hal ini berbeda porsinya di dalam tubuh. Perbedaan sedikit saja dapat menjadikan manusia menderita, atau bahkan menemui ajal. Dua hal ini adalah sel darah merah dan sel darah putih. Keduanya saling bekerjasama dalam menjalankan tugas mereka di dalam tubuh manusia.

Derasnya Arus...

Derasnya Arus...

Bocah gendheng! Gak punya mata to kau itu? Gak tahu orang tua kerja banting tulang, ei malah tidur-tiduran pura-pura belajar!!! Dooorrrrr!!! (suara pintu kamar dibanting). Seketika aku tergoyak seakan tak berdaya. Jantungku berdebar dan rasanya takut tuk mengucapkan maaf kepadanya. Bahkan mau keluar kamarpun, aku masih ragu.

Kau kah “Idaman” ku?


Kau kah “Idaman” ku?

Ketika kita bertemu kau bagai mustika pertiwi yang mencolok memencarkan sinar penyejuk mata penentram hati. Parasmu begitu muslimah, kerudung sempurna yang menutup setengah tubuh berisyarat betapa pitihnya hati kecilmu. Senyum manis mu seakan menina bobokkakan siapapun yang menikmatinya. Astagfirullah, kenapa aku jadi membayangkan diri kamu. Bukankah kita sering mendengar sesuatu akan indah pada saatnya. Ya, dibatas penantian waktu ini dan berharap kecocokan kan kita temukan.

Pengen Adik Hebat?


Pengen Adik Hebat?

Mempunyai adik umumnya adalah dambaan kita semua. Betapa tidak, ketika kita kesepian si Adik bias jadi teman bergurau dan bercanda. Namun, kadang-kadang juga ada sich sisi yang nyebelin. Walaupun bagaimanapun pasti kita mau dong adik kita hebat?. Mau tau caranya gimana?.

Rokok Pakai Filter, amankah???

Rokok Pakai Filter, amankah??? 

Merokok merupakan kebiasaan besar masyarakat sekarang. Malh gua pernah denger ni “wis udu ora mangan eneg”, eh kebalik nih, ni die yang bener “wis mangan ora udud eneg”.

Sabtu, 14 Juli 2012

Mendidik, Wajib!

 


Mendidik, Wajib! 

Denger kata mendidik, persepsi masyarakat menerjemahkan sebagai tugas utama dari seorang guru. Ya, kebanyakan orang menerjemahkan guru ada sang pembebas ataupun pejuang pendidikan yang wajib memperjuangkan peradaban anak bangsa. Bahkan, guru dijadikan salah satu pahlawan untuk negeri ini yaitu pahlawan tanpa tanda jasa. Wajarlah masyarakat berpikiran demikian, karena gurulah yang membebaskan anak bangsa dari buta huruf ataupun buta rumus matematika di tingkat sekolah. Pada intinya, dengan pembelajaran yang diberikan guru di sekolah, siswa yang tadinya belum mengerti menjadi mengerti. Namun perlu diketahui kita bersama, mendidik adalah keharusan setiap manusia. Bahkan ada ungkapan filosopi yang menyebutkan manusia adalah hewan yang terdidik. Di mertamorfosis kehidupan juga, manusia yang awalnya lahir dalam bentuk bayi mungil yang lemah tanpa keterampilan. Setelah proses adaptasi yang tidak lain adalah proses plagiat tindakan-tindakan dari orang tua ataupun lingkungan dia tumbuh menjadi manusia yang dewasa, manusia yang bias membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Kita sebagai makhluk yang bernama manusia hakikatnya wajib menjadi “Guru” ataupun bisa dikatakan pendidik. Minimal pendidik untuk pribadi masing-masing dan harapan besarnya mendidik terhadap sesama guna terciptanya manusia yang kredibilitas dan kapabilitas. Ungkapan jawa yang menyebutkan guru adalah digugu dan ditiru patut kita tanam kembali di benak kita. Seorang yang digugu dan ditiru ini tak enggan menyalurkan ilmu pengetahuannya terhadap sesama sesuai bakat, prestasi, maupun kualitas masing-masing. Tak lepas dari itu, kita selain mendidik juga seyogyanya terus mengasah diri. Dalam mengamalkan ilmu kita, tidak dibenarkan menganggap diri sendiri seolah-olah “dewa”, yaitu menganggap diri sendiri paling bias ataupun paling menguasai. Seiring perkembangan zaman, sudah menjadi keharusan seorang pendidik terus meng-update kapabilitas diri lebih gigih. Peng-update-tan ini sangat perlu untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis dan tidak kaku. “Hidup adalah Panggung Sandiwara”. Mungkin benar ungkapan yang tenar di telinga masyarakat itu. Bagaimanapun, sangat vital peran seorang sutradara dalam hidup ini. Sutradara itu tidaklah lain yaitu kita atau diri kita sendiri. Kita sebagai pribadi yang bersifat individualitas berhak mengatur diri sendiri sebagus mungkin. Namun, perlu juga kita ketahui. Hidup tak sebebas itu. Untuk mencapai tujuan yang kita inginkan, perlu penggemblengan khusus dalam tempo waktu yang gak singkat. Mungkin perlu untuk medidik kesabaran pada diri kita agar lebih telaten dan lebih ulet menjalankan titah kehidupan yang semestinya. Pengaturan hidup yang rumit ini, tanpa didikan seseorang pastilah tak akan jalan semulus aspal yang tersiram oli. Kita perlu bantuan orang lain, mulai dari merangkak sampai duduk di kursi roda kita tak bias lepas dari bantuan orang lain. Tanpa memandang status, entah itu keluarga, kerabat, ataupun orang tak dikenal pasti suatu ketika bantuannya kita perlukan. So, tidak pantas kita pelit ataupun kikir berbagi ilmu. Ingat!, sekali lagi kekiran kita tak lah lebih bermanfaat ibarat sampah yang berserakan sehingga mengganggu jalan hidup yang kita rencanakan. Andaikata kita memiliki visi dan misi layaknya beberapa hal di atas, maka peradaban bangsa akan kita genggam. Kenapa tidak?. Dengan sifat mendidik yang dimiliki semua orang, kecil kemungkunan peluang adanya manusia yang kurang terdidik dan berkapabilitas di bawah rata-rata. Namun, kesuksesan yang tinggal di ddepan mata ini tak bisa kita raih tanpa keberanian, tanpa tekad yang kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan, kita yang disebut manusia yang sukses adalah kita yang berani berpetualang menjadi pejuang dan pembebas keterpurukan dengan MENDINDIK tanpa henti.


Makanan Khas Wonogiri

Makanan Khas Wonogiri

Makanan khas Wonogiri yang terkenal adalah nasi tiwul, namun beraneka jenis makanan khas tersedia di Wonogiri.

Waduk Gajah Mungkur Kritis

WONOGIRI - Kondisi Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, semakin kritis karena ketiadaan hujan di wilayah hulu selama kemarau empat bulan terakhir.

STRING


STRING
Dasar-dasar String :
String sebenarnya merupakan penggunaan tipe data char secara berkelompok
Tipe data string merupakan array dari tipe data char

Pendekar Pena, why not???

Pendekar Pena, why not???
http://rieski.wordpress.com

Hai hai hai  Sobat gimana kabarnya?, pripun kabare?, ni hao ma?. So pasti donk, Alhamdulillah, Luar biasa, Selalu Semangat, selalu Ceria, Allahu Akbar. 
Sobat pernahkah denger Pendekar Wiro sableng?. So pasti kan udah, kalau boleh ngediskripsikan dia sangat jago bertempur kan?. Bahkan semua jurus dia kuasai, contohnya ni ye jurus munyuk melempar buah (jiajiajiajiajiajia). <_>. Tapi jangan salah lho, ni kita gak ngebahas mas wiro sableng, tapi kita sedikit bercermin dari beliau untuk jadi Sang Pendekar Sejati, Yap yaitu “Pendekar Pena”.
Lho kog pendekar pena ya, emang pena bisa buat bertempur???.

Berpikir Jernihlah!


Berpikir Jernihlah! 
http://nugrosklaten.wordpress.com/tag/berpikir-positif/
Masalah merupakan makanan sehari-hari untuk makhluk yang bernama manusia, ya termasuk kita semua. Beragam pula cara untuk memecahkan ataupun sekadar menghadapi maslah tersebut. Seringkali masalah begitu mudah untuk diselesaikan ketika kita berpikir jernih. Namun, saat hati sedang kacau, pikiran keruh, dam mental rapuh masalah bak gunung raksasa yang akan menimpa kita. Akhirnya akibat paling ringan galau meradng, dan yang fatal adalah stress. Selain itu, saat keputusan diambil dengan pikiran keruh maka hanya akan menghadirkan solusi sesaat, dan akhirnya bias jadi keputusan kita berubah menjadi masalah besar di kemudian hari.

Stop Protes, Sayangilah Sekarang Juga!


Stop Protes, Sayangilah Sekarang Juga!

Terkadang hari demi hari kita lalui hanya dengan banyak berucap tanpa tindakan apapun. Hal ini baru kita sadari ketika kejadian tersebut sudah terjadi sekian lama bahkan mendarah daging di diri kita. Mari kita merenung, sampai detik ini, apakah karya yang sudah kita persembahkan?